Banner

Wapres Gibran dan Wapres China Han Zheng sepakat tingkatkan kerja sama ekonomi dan SDM

Siswa sekolah menengah atas membuat puding untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, pada 16 Agustus 2024. Tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan RI. (Xinhua/Bram Selo)

Wapres China Han Zheng menyampaikan optimismenya bahwa hubungan baik antara China dan Indonesia tidak hanya akan menguntungkan kedua negara, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan regional dan internasional.

 

Jakarta (Xinhua/Indonesia Window) – Wakil Presiden (Wapres) Indonesia yang baru saja dilantik akhir pekan lalu, Gibran Rakabuming Raka, menerima kunjungan Wapres China Han Zheng di Jakarta pada Senin (21/10). Pada pertemuan tersebut, keduanya sepakat untuk mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam menyambut 75 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara.

Gibran menyebut pemerintahannya akan melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin baik antara Indonesia dan China. Dia secara spesifik mengapresiasi dukungan China dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh yang kini telah beroperasi setahun dan mengangkut lebih dari lima juta penumpang.

Wapres China Han Zheng
Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto (pertama dari kiri) dan Wakil Presiden Republik Indonesia Gibran Rakabuming Raka (ketiga dari kiri) menghadiri upacara pelantikan presiden di gedung parlemen di Jakarta pada 20 Oktober 2024. (Xinhua/Rivan Awal Lingga)

Sementara itu, Han Zheng menyampaikan optimismenya bahwa hubungan baik antara China dan Indonesia tidak hanya akan menguntungkan kedua negara, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan regional dan internasional.

Kedua wapres juga menegaskan perlunya mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas SDM antara kedua negara jelang peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan China pada tahun depan.

Pertemuan itu ditutup dengan jamuan makan siang, yang menyajikan sejumlah makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Sehari sebelumnya, Ahad (20/10), Presiden Prabowo Subianto juga menggelar pertemuan dengan Wapres Han Zheng.

Pemerintahan Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran resmi dilantik pada Ahad pagi yang dihadiri sejumlah delegasi dari berbagai negara sahabat.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan