Banner

China luncurkan satelit uji coba ‘reusable’ dan ‘returnable’ pertama

Roket Long March-2D yang mengangkut satelit uji coba yang dapat digunakan kembali (reusable) dan dapat dipulangkan (returnable) pertama China, Shijian-19, lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut pada 27 September 2024. (Xinhua/Wang Jiangbo)

Satelit Shijian-19 merealisasikan sejumlah terobosan teknologi, dan secara signifikan akan meningkatkan level teknis dan efisiensi penerapan satelit-satelit returnable China.

 

Beijing, China (Xinhua/Indonesia Window) – China mengirimkan satelit uji coba yang dapat digunakan kembali (reusable) dan dapat dipulangkan (returnable) pertamanya, Shijian-19, ke luar angkasa pada Jumat (27/9), menggunakan roket Long March-2D untuk peluncurannya.

Roket tersebut lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut pada pukul 18.30 Waktu Beijing atau 17.30 WIB.

Satelit Shijian-19 merealisasikan sejumlah terobosan teknologi, dan secara signifikan akan meningkatkan level teknis dan efisiensi penerapan satelit-satelit returnable China.

Para peneliti juga akan menggunakan satelit reusable untuk melakukan eksperimen luar angkasa serta mempromosikan pengembangan dan penerapan teknologi luar angkasa baru, sehingga dapat berkontribusi bagi bidang-bidang seperti ilmu mikrogravitasi dan ilmu kehidupan luar angkasa (astrobiologi).

Satelit Shijian-19 merealisasikan
Foto yang diabadikan pada 29 Agustus 2022 ini menunjukkan unit eksperimental dari sampel benih Arabidopsis yang sama dengan yang digunakan di modul laboratorium Wentian China, di Center for Excellence in Molecular Plant Sciences yang berada di bawah naungan Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS) di Shanghai, China timur. (Xinhua/Zhang Jiansong)

Satelit itu juga akan melakukan eksperimen pemuliaan luar angkasa untuk mempercepat inovasi sumber daya plasma nutfah.

Shijian-19 mengangkut muatan dari lima negara, termasuk Thailand dan Pakistan, untuk menjalankan kerja sama internasional yang ekstensif.

Ini adalah misi penerbangan ke-537 dari roket seri Long March.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan