Banner

ISTAT sebut populasi Italia akan menyusut 4 juta jiwa pada 2050

Wisatawan berlayar di atas gondola, perahu dayung tradisional khas Venesia, di Roma, Italia, pada 26 Juni 2024. (Xinhua/Alberto Lingria)

Populasi Italia secara keseluruhan akan menyusut sekitar 4 juta jiwa pada 2050, menjadi 54 juta jiwa dibandingkan dengan level saat ini yaitu 58,87 juta jiwa.

 

Roma, Italia (Xinhua/Indonesia Window) – Populasi Italia secara keseluruhan akan menyusut sekitar 4 juta jiwa pada 2050, menjadi 54 juta jiwa dibandingkan dengan level saat ini yaitu 58,87 juta jiwa, menurut prediksi Institut Statistik Nasional Italia (ISTAT) pada Rabu (24/7).

Populasi Italia telah mengalami penurunan setiap tahun sejak mencapai puncaknya di angka 61,31 juta jiwa pada 2014. Median tingkat pertumbuhan populasi negara tersebut tidak mengalami kenaikan sejak 2014, yang kala itu naik 0,02 persen, menurut situs data Worldometer.

Dengan usia rata-rata yang juga terus meningkat, ISTAT memperkirakan bahwa usia rata-rata penduduk Italia akan mencapai 50,8 tahun pada pertengahan abad ini, dibandingkan dengan tingkat saat ini yaitu 47,7 tahun seperti data yang disediakan oleh Worldometer.

Menurut data ISTAT, hal yang mengkhawatirkan adalah rasio pekerja dan pensiunan. Rasio saat ini adalah tiga pekerja berusia antara 15 dan 64 tahun untuk setiap dua pensiunan. Pada 2050, kedua kategori tersebut akan seimbang, dengan rasio satu banding satu. Sebagai perbandingan, pada 1999, Italia memiliki lebih dari tiga pekerja per satu pensiunan.

Demografi Italia telah dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keluarga Italia yang memiliki lebih sedikit anak karena perubahan kondisi ekonomi dan tingginya jumlah orang Italia yang mencari pekerjaan di luar negeri.

Laporan: Italia

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

Iklan