Banner

Shanghai buka jalan tol kendaraan swakemudi pertama

Uji coba sejumlah truk pintar jenis heavy-duty dalam skenario jalan raya dimulai di Jembatan Donghai, Shanghai. (Xinhua/tangkapan layar)

Jalan tol kendaraan swakemudi pertama di Shanghai, mencakup ruas jalan sepanjang 21,5 kilometer di jalan tol lingkar G1503 dan ruas sepanjang 19,5 kilometer di jalan tol Beijing-Shanghai G2.

 

Shanghai, China (Xinhua) – Shanghai resmi membuka gelombang pertama jalan bebas hambatan untuk kendaraan swakemudi, demikian disampaikan komisi transportasi kota tersebut.

Banner

Ruas jalan sepanjang 21,5 kilometer di jalan tol lingkar G1503 dan ruas sepanjang 19,5 kilometer di jalan tol Beijing-Shanghai G2 telah ditetapkan untuk kendaraan swakemudi, jelas Komisi Transportasi Kota Shanghai pada sebuah forum tentang transportasi cerdas yang diadakan pada Senin (7/11).

Sejauh ini, Shanghai telah membuka 926 jalan untuk menguji kendaraan kemudi otonomos yang menawarkan 15.000 skenario, membuatnya menjadi salah satu kota teratas di China dalam bidang tersebut. Shanghai telah siap melakukan pengujian dan penerapan kendaraan terkoneksi cerdas untuk mendukung pengoperasian peragaan dan peluncuran komersial kendaraan swakemudi secara efektif.

Pada Senin (7/11), kota itu juga meluncurkan peraturan implementasi untuk pengoperasian peragaan kendaraan terkoneksi cerdas.

Banner
Jalan tol kendaraan swakemudi
Sejumlah pengunjung mengamati taksi swakemudi buatan produsen mobil Jepang Toyota di area ekshibisi mobil dalam Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE) kelima di National Exhibition and Convention Center (Shanghai) di Shanghai, China timur, pada 6 November 2022. (Xinhua/Jin Liwang)

Uji coba

Lajur uji coba pertama kendaraan otonomos di Shanghai mulai dioperasikan di sebuah jembatan lintas laut pada Senin 18 Juli lalu.

Uji coba sejumlah truk pintar jenis heavy-duty dalam skenario jalan raya itu dimulai di Jembatan Donghai.

Jembatan sepanjang 30 kilometer ini memiliki enam lajur secara total. Mulai pukul 10.00 hingga 13.00 waktu setempat pada hari kerja, lajur terluar di kedua arah (jalur) ditujukan untuk kendaraan-kendaraan otonomos yang diuji coba.

Banner

Sejak akhir 2019, sejumlah truk pintar jenis heavy-duty yang didukung 5G dengan teknologi swakemudi level L4 telah mulai beroperasi di Jembatan Donghai dalam sejumlah skenario tertentu. Hingga sekarang, truk-truk tersebut telah menempuh jarak lebih dari 2,6 juta kilometer dengan aman.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan