Banner

Eropa berharap dapat gas dari Nigeria untuk ganti pasokan dari Rusia

Ilustrasi. Uni Eropa sedang mencari pasokan gas tambahan dari Nigeria ketika blok itu bersiap untuk kemungkinan megurangi pasokan Rusia. (Alexey Hulsov from Pixabay)

Tahun lalu, Nigeria mengekspor 23 miliar meter kubik (bcm) gas ke UE, tetapi angka tersebut telah menurun selama bertahun-tahun.

 

Banner

Jakarta (Indonesia Window) – Uni Eropa sedang mencari pasokan gas tambahan dari Nigeria ketika blok itu bersiap untuk kemungkinan mengurangi pasokan Rusia, kata Matthew Baldwin, Wakil Direktur Jenderal Departemen Energi Komisi Eropa, pada Sabtu (23/7).

Baldwin menyampaikan hal tersebut pada pertemuan dengan pejabat dari produsen minyak terbesar Afrika itu pada pekan ini.

Dia mendapatkan informasi bahwa Nigeria meningkatkan keamanan di Delta Niger dan berencana untuk membuka kembali pipa Trans Niger setelah Agustus, yang akan menghasilkan lebih banyak ekspor gas ke Eropa.

Banner

Uni Eropa mengimpor 14 persen dari total pasokan LNG (Liquefied Natural Gas) atau gas alam cari dari Nigeria, dan ada potensi angka ini lebih dari dua kali lipat, kata Baldwin kepada Reuters melalui telepon.

Produksi minyak dan gas di Nigeria terhambat oleh pencurian dan perusakan jaringan pipa, membuat terminal produsen gas Nigeria LNG Ltd. di Pulau Bonny beroperasi pada kapasitas 60 persen.

“Jika kita bisa mendapatkan hingga di atas 80 persen, pada saat itu, mungkin ada tambahan LNG yang bisa tersedia untuk kargo spot yang akan datang untuk Eropa,” kata Baldwin.

Banner

“Mereka (pejabat Nigeria) berkata kepada kami, ‘Datang dan bicaralah dengan kami lagi pada akhir Agustus karena kami pikir kami dapat memberikan kemajuan nyata dalam hal ini’,” tuturnya.

Nigeria NLG dimiliki oleh perusahaan minyak negara NNPC Ltd., Shell, TotalEnergies dan Eni Italia.

Komisi Eropa mengatakan pada Rabu (20/7) bahwa negara-negara anggota Uni Eropa harus memotong penggunaan gas mereka sebesar 15 persen dari Agustus hingga Maret. Target awalnya akan bersifat sukarela, tetapi akan menjadi wajib jika Komisi Eropa menyatakan keadaan darurat.

Banner

Tahun lalu, Nigeria mengekspor 23 miliar meter kubik (bcm) gas ke UE, tetapi angka tersebut telah menurun selama bertahun-tahun. Pada 2018 blok tersebut membeli 36 bcm LNG dari Nigeria, kata Baldwin.

Sumber: Reuters

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan