Banner

Magelang, Jawa Tengah (Indonesia Window) – Spesies Kolombia yang beragam mendapat perhatian pada tahun 2019 saat negara di Amerika Selatan tersebut bergabung dengan Earth Biogenome Project (EBP) yang bertujuan untuk mengurutkan genom semua kehidupan eukariotik (tanaman, hewan, dan jamur) di Bumi.

Kolaborasi antara pemerintah, akademisi dan sektor swasta itu mengintegrasikan penelitian dengan strategi berkelanjutan yang berfokus pada lingkungan guna mengembangkan bioekonomi pasca-konflik Kolombia, sambil melestarikan keanekaragaman hayati dan budaya yang kaya.

Banner

Sejak Perjanjian Perdamaian 2016, negara Amerika Latin itu mulai membuka diri untuk kegiatan ekonomi seperti kayu, pertambangan dan pertanian, khususnya, peternakan sapi. Kegiatan ini mengancam ekosistem unik Kolombia dan dapat mempercepat hilangnya keanekaragaman hayati.

Sebuah tim peneliti internasional mengatakan bergabung dengan EBP dan meluncurkan Strategi Bioekonomi Nasional (NBS) guna melestarikan spesies Kolombia, mengurangi ketidaksetaraan dan kemiskinan, dan bahkan menemukan kekayaan hayati baru di negara ini yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Dr. Joseph Huddart, Senior Research Associate di UEA’s (University of East Anglia) School of Biological Sciences, adalah penulis utama studi berjudul ‘EBP-Colombia and the bioeconomy: Genomics in the service of biodiversity Conservation and Sustainable Development’.

Banner

Makalah ini diterbitkan di Prosiding National Academy of Sciences.

Dr. Huddart mengatakan, “Kami berada di awal era baru penelitian molekuler yang menarik, di mana kemajuan teknologi berarti kami berpotensi dapat mengurutkan DNA spesies di lapangan dengan biaya efektif dan waktu nyata.

“Melalui kemitraan pengembangan kapasitas yang adil dengan lembaga-lembaga lokal, ini diatur untuk mendemokratisasi model eksplorasi ilmiah kolonial yang sudah ketinggalan zaman di mana bahan biologis diekspor dari negara-negara megadiverse seperti Kolombia ke negara-negara kaya untuk dianalisis.”

Banner

Strategi Bioekonomi Nasional Kolombia adalah rencana pembangunan bioekonomi jangka panjang pasca-konflik yang berfokus pada evaluasi, konservasi, pengelolaan, dan penggunaan sumber daya hayati yang berharga secara berkelanjutan.

Prof. Federica Di Palma, anggota profesor di Sekolah Ilmu Biologi UEA dan Profesor Kehormatan di Sekolah Kedokteran Norwich, memimpin konsorsium EBP-Kolombia bersama Prof. Silvia Restrepo di Universitas Los Andes, Kolombia.

“Kolombia memiliki kekayaan genom yang sangat besar dan penting secara internasional yang belum dimanfaatkan,” ujar Prof. Di Palma.”Dengan membentuk komunitas kolaboratif untuk mengembangkan kapasitas penelitian molekuler Kolombia dan menciptakan bioekonomi, kami dapat bekerja menuju pengelolaan dan konservasi yang berkelanjutan.”

Banner

Tujuan EBP adalah menyediakan katalog sekuens DNA lengkap dari semua 1,8 juta spesies tumbuhan, hewan dan jamur yang bernama serta eukariota bersel tunggal.

Spesies Kolombia memberikan kontribusi luar biasa, seperti tanaman kakao dan hewan terancam, termasuk beruang Andes.

Karenanya, pengurutan genom dapat memberikan penemuan molekul, serat, dan protein baru yang dapat memiliki aplikasi kesehatan dan industri, dan juga menyediakan keamanan pangan dan gizi.

Banner

Prof. Di Palma berharap strategi tersebut pada akhirnya akan membantu mengentaskan kemiskinan, ketidaksetaraan dan konflik, serta mempertahankan perdamaian.

Rencana tersebut mempromosikan pendekatan inovatif untuk pertanian, pariwisata, daur ulang, obat-obatan dan banyak lagi, sambil mengatasi tantangan sosial, lingkungan dan ekonomi.

“NBS dan EBP juga dapat berfungsi sebagai model alternatif untuk pembangunan ekonomi yang dapat diadopsi oleh negara-negara dengan kondisi yang sama,” ujar Prof Di Palma.

Banner

Pada Desember 2021, EBP mencakup 5.000 ilmuwan dan staf teknis di 44 lembaga anggota di 22 negara di setiap benua kecuali Antartika.

Ada 49 proyek terafiliasi yang mencakup sebagian besar kelompok taksonomi utama eukariota, yang memiliki akses ke puluhan ribu sampel berkualitas tinggi dari koleksi museum dan ahli biologi lapangan.

Bumi diperkirakan akan kehilangan 50 persen keanekaragaman hayatinya pada akhir abad ini tanpa tindakan untuk mengekang perubahan iklim dan melindungi kesehatan ekosistem global.

Banner

Membuat perpustakaan digital sekuens DNA untuk semua kehidupan eukariotik yang diketahui dapat membantu menghasilkan alat yang efektif untuk mencegah hilangnya keanekaragaman hayati dan penyebaran patogen, memantau dan melindungi ekosistem, serta meningkatkan layanan ekosistem.

Sumber: sciencedaily.com

Laporan: Ditasari Amalia

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan