Wahana antariksa China Chang’e-6 dijadwalkan diluncurkan pada paruh pertama 2024

Gambar yang diambil dari video animasi di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) pada 2 Desember 2020 ini menunjukkan wahana luar angkasa Chang’e-5 mendarat di Bulan. (Xinhua/Jin Liwang)

Wahana penjelajah Bulan Chang’e-6 milik China dijadwalkan akan diluncurkan pada paruh pertama tahun ini untuk mengumpulkan sampel dari sisi jauh Bulan, menandai sebuah misi yang akan menjadi yang pertama dalam sejarah manusia.

 

Beijing, China (Xinhua) – Wahana penjelajah Bulan Chang’e-6 milik China dijadwalkan akan diluncurkan pada paruh pertama tahun ini, kata Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) pada Rabu (10/1).

Komponen-komponen untuk wahana Bulan Chang’e-6 telah diangkut ke Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China selatan, dan uji prapeluncuran akan dilakukan sesuai jadwal, kata badan antariksa tersebut.

Saat ini, fasilitas-fasilitas di lokasi peluncuran berada dalam kondisi baik dan pekerjaan persiapan berjalan sesuai rencana, imbuhnya.

Chang’e-6 diatur untuk mengumpulkan sampel dari sisi jauh Bulan, menandai sebuah misi yang akan menjadi yang pertama dalam sejarah manusia.

Misi ini akan menciptakan terobosan dalam teknologi utama, seperti pengumpulan sampel otomatis, peluncuran, dan pendakian dari sisi jauh Bulan. Sementara itu, Chang’e-6 akan melakukan eksplorasi ilmiah di zona pendaratan.

CNSA telah mengumumkan bahwa instrumen-instrumen ilmiah dari Prancis, Italia, dan Badan Antariksa Eropa/Swedia akan dipasang di wahana pendarat misi Chang’e-6, sedangkan muatan Pakistan dipasang di wahana pengorbit.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan