Banner

Unitrade Papua operasikan heli Bell 412 dukung misi kesehatan di pedalaman

Kru penerbangan logistrik Unitrade Persada Nusantara tengah melakukan persiapan terbang helikopter Bell 412 di Kecamatan Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua pada Sabtu (26/3/2022). (UPN)

Bogor, Jawa Barat (Indonesia Window) – Operator penerbangan Papua, PT Unitrade Persada Nusantara (UPN) akan mengoperasikan helikopter Bell 412 yang berkapasitas hampir 2 ton guna mendukung misi kesehatan Pemerintah Kabupaten Mimika.

“Heli Bell 412 yang akan dioperasikan oleh Unitrade telah tiba di Kecamatan Mimika Baru, Kabupaten Mimika pada Sabtu (26/3),” ujar Corporate Secretary UPN Aryson Mirino yang dihubungi pada Ahad.

Banner

Dia menuturkan bahwa heli dengan nomor registrasi PK-DAR itu akan mendukung misi Puskesmas Keliling Udara yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika, hingga menjangkau daerah Pegunungan Tengah Papua yang sulit ditembus dengan moda transportasi darat.

Penerbangan pertama ‘air ambulance’ tersebut, imbuh Aryson, akan dilakukan pada Senin (28/3) dengan tujuan Distrik Tsinga di Kecamatan Tembagapura, sekitar 40 menit penerbangan dari Mimika Baru.

Sejauh ini belum ada informasi rinci mengenai agenda penerbangan Puskesmas Keliling Udara ini, namun dia mengatakan bahwa heli yang dioperasikan oleh Unitrade akan membawa logistik (bahan makanan) bagi tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Tsinga selama dua bulan sebelum digantikan oleh tim berikutnya.

Banner

“Tim medis yang bertugas di setiap Puskesmas Keliling Udara sebanyak empat orang, termasuk dokter,” ujar Aryson.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra mengatakan, Puskesmas Keliling Udara akan melayani lima puskesmas di daerah Pegunungan Tengah Papua, yakni Puskesmas Aroanop dan Puskesmas Tsinga di Distrik Tembagapura, Puskesmas Hoeya di Distrik Hoeya, Puskesmas Alama di Distrik Alama, serta Puskesmas Jila di Distrik Jila.

Selain mendukung misi kesehatan Pemerintah Kabupaten Mimika, Unitrade Persada Nusantara yang didirikan dan dioperasikan oleh SDM Papua juga membantu pemerintah dalam mengangkut dan mendistribusikan material pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) Kementerian Komunikasi dan Informatika di bawah proyek BAKTI Kominfo di Provinsi Papua, khususnya wilayah Pegunungan Tengah.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan