Banner

Tingkat inflasi tahunan Mesir sentuh rekor tertinggi 36,8 persen pada Juni 2023

Orang-orang berdiri di depan kantor valuta asing di Kairo, Mesir, pada 10 Februari 2023. (Xinhua/Ahmed Gomaa)

Tingkat inflasi tahunan Mesir naik ke level tertinggi sepanjang masa sebesar 36,8 persen pada Juni 2023, naik dari 14,7 persen pada bulan yang sama tahun sebelumnya.

 

Kairo, Mesir (Xinhua) – Tingkat inflasi tahunan Mesir naik ke level tertinggi sepanjang masa sebesar 36,8 persen pada Juni 2023, naik dari 14,7 persen pada bulan yang sama tahun sebelumnya, seperti diumumkan Badan Pusat Statistik dan Mobilisasi Publik (Central Agency for Public Mobilization and Statistics/CAPMAS) Mesir pada Senin (10/7).

Banner

Menurut pernyataan CAPMAS, harga makanan dan minuman tercatat naik 64,9 persen dibandingkan Juni 2022.

Di antara faktor-faktor yang mendorong rekor kenaikan tahunan tersebut, yang paling menonjol adalah kenaikan harga di restoran, alkohol dan rokok, furnitur dan peralatan, menurut pernyataan itu.

Tingkat inflasi tahunan Mesir
Seorang pedagang keliling terlihat di Pasar Khan el-Khalili saat malam hari di Kairo, Mesir, pada 8 Juli 2023. (Xinhua/Wang Dongzhen)

Tingkat inflasi perkotaan mencatat kenaikan bulanan sebesar 2 persen pada Juni, imbuh pernyataan tersebut.

Banner

Rekor kenaikan tahunan sebelumnya adalah 34,2 persen yang tercatat pada Juli 2017, yang mengikuti devaluasi tajam mata uang terkait dengan pengamanan pinjaman dari Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF).

Pound Mesir kehilangan separuh nilainya terhadap dolar AS sejak Maret 2022. Devaluasi mata uang tersebut mengakibatkan kekurangan mata uang asing dan penundaan pengiriman impor.

Tingkat inflasi tahunan Mesir
Orang-orang mengunjungi Pasar Khan el-Khalili saat malam hari di Kairo, Mesir, pada 8 Juli 2023. Terletak di jantung distrik Islam tua Kairo, Khan el-Khalili merupakan salah satu bazar wisata paling populer di ibu kota Mesir. (Xinhua/Wang Dongzhen)

Krisis ekonomi negara itu diperburuk oleh konflik Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung yang membuat rantai pasokan makanan tidak stabil.

Banner

Pada Desember 2022, Mesir mengamankan paket bantuan keuangan senilai 3 miliar dolar AS dari IMF untuk mendukung reformasi ekonomi dan struktural.

*1 dolar AS = 15.192 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan