Hujan tak surutkan warga Bogor sambut Pemilu 2024

Warga klaster Taman Tampak Siring, Sentul City, Bogor, Jawa Barat, antusias menyaksikan proses penghitungan suara pada Pemilu 2024 yang digelar pada Rabu (14/2/2024). (Indonesia Window)

Tempat pemungutan suara (TPS) di klaster Taman Tampak Siring Sentul City, Bogor, dihadiri oleh sejumlah warga yang tinggal di daerah tersebut guna menyalurkan aspirasi mereka pada Pemilu 2024, walaupun saat itu hujan turun.

 

Bogor, Jawa Barat (Indonesia Window) – Masyarakat Bogor, Jawa Barat, tetap semangat menghadiri tempat pemungutan suara (TPS) untuk memenuhi panggilan pemilihan umum (pemilu) 2024 pada 14 Februari.

“Alhamdulillah, walaupun hujan warga yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS) cukup ramai,” kata Gussanto Susandhy, seorang warga di klaster Taman Tampak Siring, Sentul City, Bogor, pada Rabu.

Mereka tidak saja datang untuk mencoblos tapi juga ikut mengawasi jalannya perhitungan suara yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Gussanto Susandhy menambahkan.

Gussanto juga turut mengamati dan mengawasi perhitungan suara di TPS 23, yang beralamat di Jalan Tampak Siring V No.60, Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Ketua KPPS TPS 23 Desa Sumur Batu, Rama Octara, mengungkapkan bahwa kegiatan pemungutan suara dan proses penghitungan suara di hari yang sama, yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB, berjalan lancar.

“Dari 166 DPT (Daftar Pemilih Tetap), tujuh DPTb (Daftar PemilihTambahan) dan lima DPK (Daftar Pemilih Khusus), sekitar 120 surat suara yang sah. Dari surat suara presiden, ada satu yang tidak sah karena mencoblos dua kandidat,” jelas Rama.

Tempat pemungutan suara
Ketua KPPS TPS 23 Desa Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rama Octara, memberikan keterangan pers mengenai proses pemungutan suara pada Pemilu 2024 yang digelar pada Rabu (14/2/2024). (Indonesia Window)

Pelaksanaan pemilihan umum di TPS 23 tersebut dimulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 13.00 WIB, kata Rama, seraya menambahkan, dari 166 DPT, mereka yang datang ke TPS 23 tercatat sebanyak 120 orang, dari DPTb tujuh orang atau datang semua, sementara dari DPK tercatat lima orang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor dan KPU Kabupaten Bogor, masing-masing menetapkan DPT pada pemilu 2024 sebanyak 800.181 orang dan 3,9 juta orang.

Secara nasional, Pemilu 2024 diikuti oleh 24 partai politik yang terdiri atas 18 partai nasional dan enam partai lokal Aceh.

Selain memilih presiden dan wakil presiden, masyarakat Indonesia juga memiliki hak untuk memilih anggota dewan perwakilan, dengan para kandidat dari 2.710 daerah pemilihan akan memperebutkan total 20.462 kursi di berbagai tingkat legislatif di Indonesia, termasuk 580 kursi di DPR RI.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan