Survei: Optimisme konsumen pada kondisi ekonomi meningkat 

Suasana di pasar tradisional modern Bogor, Jawa Barat. (Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Survei Konsumen Bank Indonesia pada April 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen pada kondisi ekonomi meningkat.

Keyakinan konsumen tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2022 sebesar 113,1, atau meningkat dari 111,0 pada bulan sebelumnya, kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, dalam pernyataan resmi, Kamis.

Peningkatan IKK terpantau pada mayoritas kategori pengeluaran, kelompok usia, serta kategori pendidikan responden, jelasnya, seraya menambahkan bahwa kenaikan IKK terbesar terjadi di Bandar Lampung, Samarinda dan Denpasar, kata Erwin.

Menurut dia, meningkatnya keyakinan konsumen pada April 2022 tersebut didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Dia menerangkan, peningkatan tersebut berkaitan dengan persepsi terhadap penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama (durable goods) yang meningkat.

Ditopang terutama oleh ekspektasi penghasilan, harapan konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis (indeks >100) meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan