Si raksasa Amorphophallus titanum mekar di Kebun Raya Bogor

Si raksasa Amorphophallus titanum mekar di Kebun Raya Bogor
Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menikmati keunikan Amorphophallus titanium di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (4/1/2020). (LIPI)

Bogor, Jawa Barat (Indonesia Window) – Bunga bangkai Amorphophallus titanum di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat mekar pada Jumat (3/1) malam setelah kuncup pertama muncul pada 3 Desember 2019.

Bunga bangkai dari suku talas-talasan (Araceae) tersebut mencapai 194 centimeter, demikian pernyataan yang dikutip dari situs jejaring Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Umbi bunga tersebut juga berukuran besar dengan berat mencapai 117 kilogram.

Umbi dari individu yang mekar itu diperoleh dari kerja sama LIPI dengan Kebun Raya Liwa, Lampung.

Peneliti bunga bangkai dari Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Dian Latifah, menjelaskan Amorphophallus titanum berbeda dengan Rafflesia meski keduanya dikenal masyarakat dengan sebutan bunga bangkai.

“Rafflesia merupakan tumbuhan parasit dengan pohon inang Tetrastigma spp. atau anggur hutan,” jelas Dian, seraya menambahkan bahwa Amorphophallus titanum memiliki fase daun dan fase bunga yang tidak bersamaan.

“Fase daun dapat mencapai satu sampai dua tahun. Setelah itu umbi akan memasuki masa istirahat atau dorman yang lamanya bisa lebih dari satu setengah tahun, kemudian berbunga,” terang Dian.

Dia menambahkan,  perbungaan Amorphophallus titanum merupakan sekelompok bunga kecil jantan dan betina yang menempel di bagian dasar tongkol.

“Tongkol atau spadiks yang berwarna kuning dikelilingi oleh seludang bunga (daun pelindung) yang berwarna merah keunguan. Tinggi spadiks dapat mencapai tiga meter, menjadikan Amorphophallus titanum dijuluki Bunga Raksasa,” ujar Dian.

Amorphophallus titanum masuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

Kegiatan konservasi dan penelitian yang dilakukan LIPI melalui Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya bertujuan melestarikan bunga bangkai untuk pemanfaatan berkelanjutan.

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto telah berkunjung ke Kebun Raya Bogor guna menikmati keunikan Amorphophallus titanium.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here