Pesawat jet C919 pertama dikirim ke China Eastern Airlines

Pesawat jet C919 pertama
Sebuah jet C919 berpartisipasi dalam unjuk terbang (flying display) di Pameran Penerbangan dan Kedirgantaraan Internasional China ke-14 di Zhuhai, Provinsi Guangdong, China selatan, pada 8 November 2022. (Xinhua/Lu Hanxin)
Advertiser Popin

Pesawat jet C919 pertama dikirim ke pelanggan pertamanya, China Eastern Airlines, menandai pertama kalinya pasar transportasi penerbangan sipil China memiliki pesawat jet jalur utama (mainline) yang dikembangkan secara mandiri.

 

Shanghai, China (Xinhua) – Pesawat jet C919 pertama, yang merupakan pesawat penumpang berukuran besar, dikirim ke pelanggan pertamanya, China Eastern Airlines, pada Jumat (9/12). Ini pertama kalinya pasar transportasi penerbangan sipil China memiliki pesawat jet jalur utama (mainline) yang dikembangkan secara mandiri.

Dengan nomor registrasi B-919A, pesawat jet tersebut menyelesaikan penerbangan perdananya dari Bandar Udara Internasional Pudong Shanghai ke Bandar Udara Internasional Hongqiao Shanghai selama proses pengiriman.

Pesawat berkapasitas 164 tempat duduk ini hadir dengan tata letak kabin dua kelas, yaitu kelas bisnis dan kelas ekonomi.

Setelah pengiriman pesawat jet C919 pertama itu, armada udara tersebut akan menjalani lebih dari 100 jam penerbangan uji verifikasi pesawat tanpa penumpang, dengan pemberhentian mencakup Shanghai, Beijing, dan Guangzhou.

Pesawat itu diperkirakan akan mulai digunakan secara komersial pada musim semi 2023.

Produksi massal

C919, pesawat jet penumpang berukuran besar yang dikembangkan secara mandiri oleh China, menerima sertifikat produksinya pada 29 November, yang berarti model tersebut sudah dapat memasuki produksi massal.

Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC), pengembang C919, mengantongi sertifikat tersebut dari Administrasi Penerbangan Sipil China (Civil Aviation Administration of China/CAAC) Administrasi Regional China Timur (East China Regional Administration).

C919 melakukan penerbangan perdananya yang sukses pada 2017. Pesawat itu kemudian memperoleh sertifikat tipe (type certificate) pada akhir September lalu, yang menunjukkan bahwa desain C919 telah memenuhi standar kelaikan terbang dan persyaratan lingkungan.

Rencana pesawat C919 pertama dikirim ke maskapai China Eastern Airlines pada Desember akhirnya terwujud.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here