Banner

Modul laboratorium China Mengtian berhasil lakukan ‘docking’ dengan stasiun luar angkasa

Kombinasi modul laboratorium stasiun luar angkasa China Mengtian dan roket pengangkutnya Long March-5B Y4 dipindahkan ke area peluncuran di Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di Provinsi Hainan, China selatan, pada 25 Oktober 2022. (Xinhua/Tu Haichao)

Modul laboratorium Mengtian berhasil melakukan penambatan (docking) dengan kombinasi stasiun luar angkasa China Tiangong, memungkinkan lebih banyak eksperimen, baik di dalam maupun di luar kabin, terutama eksperimen perbatasan (frontier experiment) yang hanya bisa dilakukan di lingkungan mikrogravitasi.

 

Beijing, China (Xinhua) – Modul laboratorium Mengtian berhasil melakukan penambatan (docking) dengan kombinasi stasiun luar angkasa China Tiangong, menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Banner

Mengtian, modul laboratorium kedua Tiangong, berhasil melakukan penambatan dengan port depan Tianhe, modul inti stasiun luar angkasa tersebut, pada Selasa (1/11) pukul 04.27 (Waktu Beijing) atau 03.27 WIB, setelah memasuki orbit yang direncanakan, kata CMSA. Seluruh proses pertemuan (rendezvous) dan penambatan memakan waktu sekitar 13 jam.

Selanjutnya, Mengtian akan melakukan transposisi sesuai rencana, menurut CMSA. Modul Mengtian, bersama dengan modul inti Tianhe dan modul laboratorium Wentian, yang sudah berada sekitar 400 kilometer di atas Bumi, kemudian akan membentuk konfigurasi dasar stasiun luar angkasa dalam bentuk huruf ‘T’.

Modul laboratorium China Mengtian
Gambar simulasi yang diabadikan di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) pada 1 November 2022 ini menunjukkan modul laboratorium Mengtian melakukan operasi pertemuan (rendezvous) dan penambatan (docking) dengan port depan modul inti Tianhe. (Xinhua/Sun Fengxiao)
Modul laboratorium China Mengtian
Gambar simulasi yang diabadikan di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) pada 1 November 2022 ini menunjukkan modul laboratorium Mengtian melakukan operasi pertemuan (rendezvous) dan penambatan (docking) dengan port depan modul inti Tianhe. (Xinhua/Sun Fengxiao)
Gambar tangkapan layar yang diabadikan di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) pada 1 November 2022 ini menunjukkan modul laboratorium Mengtian yang berhasil melakukan penambatan (docking) dengan port depan modul inti Tianhe. (Xinhua/Sun Fengxiao)
Gambar tangkapan layar yang diabadikan di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) pada 1 November 2022 ini menunjukkan pemandangan di dalam modul inti Tianhe setelah modul laboratorium Mengtian berhasil melakukan penambatan (docking) dengan port depan Tianhe. (Xinhua/Sun Fengxiao)
Gambar tangkapan layar yang diabadikan di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC) pada 1 November 2022 ini menunjukkan modul laboratorium Mengtian melakukan operasi pertemuan (rendezvous) dan penambatan (docking) dengan port depan modul inti Tianhe. (Xinhua/Sun Fengxiao)

Roket pengangkut Long March-5B Y4, yang membawa Mengtian, meluncur dari Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di pesisir Hainan, provinsi pulau di China selatan, pada Senin (31/10), membawa proses pembangunan stasiun luar angkasa China Tiangong ke tahap akhir.

Banner

Mengangkut delapan kabinet eksperimen sains dan memiliki 37 opsi pemasangan di luar wahana antariksa (extravehicular), Mengtian akan memungkinkan lebih banyak eksperimen, baik di dalam maupun di luar kabin, terutama eksperimen perbatasan (frontier experiment) yang hanya bisa dilakukan di lingkungan mikrogravitasi.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan