Masyarakat Indonesia salurkan donasi musim dingin pada pekan solidaritas Palestina

Masyarakat Indonesia salurkan donasi musim dingin pada pekan solidaritas Palestina
Pembina Aqsa Working Group (AWG) Imaam Yakhsyallah Mansur (tengah, bertopi) menyerahkan secara simbolis bantuan kemanusiaan musim dingin bagi para pengungsi Palestina melalui Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun (kedua dari kanan) di depan Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Senin (29/11/2021). (Foto: Istimewa)

Jakarta (Indonesia Window) – Lembaga kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG) menyalurkan donasi bantuan kemanusiaan musim dingin untuk pengungsi Palestina sebesar 100 juta rupiah yang diterima secara simbolis oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, dari Pembina AWG Imaam Yakhsyallah Mansur di Kedutaan Besar Palestina Jakarta, Senin.

Penyerahan donasi tersebut dalam rangka puncak Pekan Solidaritas Palestina yang diinisasi AWG, digelar pada Peringatan Hari Solidaritas Internasional untuk Rakyat Palestina.

Ketua Presidium AWG M Anshorullah mengatakan, bantuan yang disalurkan dari dari para dermawan masyarakat Indonesia akan dialokasikan sepenuhnya untuk barang-barang yang dibutuhkan dalam menghadapi musim dingin, seperti pakaian hangat dan makanan.

“Donasi ini merupakan wujud nyata dari kepedulian rakyat Indonesia kepada saudara-saudara kita di Palestina. Semoga bantuan winter aid (bantuan musim dingin) ini bermanfaat untuk sedikit meringankan beban warga Gaza dan mempererat persaudaraan rakyat Palestina dan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Anshorullah menyatakan, AWG berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina dan pembebasan Masjid Al-Aqsha bersama rakyat Indonesia.

“Dengan ini AWG mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rakyat Indonesia, relawan, dan lembaga-lembaga yang sudah bekerja keras untuk keperluan ini. Semoga Allah ta’ala mencatatnya sebagai amal sholih dan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda. Aamiin,” pungkasnya.

Duta Besar Palestina untuk Republik Indonesia, Zuhair Al-Shun, memastikan penyaluran donasi rakyat Indonesia yang diberikan melalui AWG segera disalurkan untuk membiayai berbagai program kemanusiaan di Palestina.

“Donasi akan disalurkan ke Yerusalem dan wilayah Palestina lainnya,” tutur Zuhair Al-Shun.

Sebelumnya, sebanyak 50 pesepeda peserta Gowes Al-Aqsha Solidaritas Palestina tiba di Kedubes Palestina Jakarta, dan disambut Dubes Al-Shun setelah mengayuh sepedanya dengan memakai atribut Palestina.

Gowes Al-Aqsha yang digelar AWG Biro Jabodetabek mengambil rute Cibubur-Kedubes Palestina Jakarta ini juga salah satu rangkaian kegiatan Pekan Solidaritas Palestina AWG guna menyambut seruan PBB yang menetapkan tanggal 29 November menjadi Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina.

Program bantuan musim dingin AWG diluncurkan setiap tahun pada musim dingin di Palestina yang berlangsung selama bulan November sampai Januari.

Meskipun di negeri yang panas, khas Timur Tengah, musim dingin di Palestina berlangsung ekstrem dengan suhu mencapai 3 derajat Celsius.

Warga Palestina harus berjuang menghadapi ganasnya cuaca dingin di tengah rasa was-was akan misil-misil Israel yang siap meluncur kapan saja.

Pekan Solidaritas Palestina (PSP) merupakan acara tahunan yang diinisiasi oleh Aqsa Working Group (AWG) dalam rangka mendukung pembebasan Masjidil Aqsha dan kemerdekaan Palestina.

Agenda PSP juga dalam rangka menyambut seruan PBB yang menetapkan tanggal 29 November menjadi Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina.

Tahun ini, mengangkat tema ;Bergerak Berjama’ah Bebaskan Al-Aqsha dan Palestina’, AWG juga akan meluncurkan buku ‘Pembebasan Masjidil Aqsha Kewajiban Seluruh Umat Islam, pameran foto, dan roadshow film Palestina.

Selain itu juga telah dilaksanakan kegiatan Gowes Al-Aqsha di beberapa wilayah, dan pengibaran bendera Palestina di puncak gunung.

Aqsa Working Group adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum Muslimin untuk mendukung Masjid Al-Aqsha dan membantu perjuangan rakyat Palestina.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here