Banner

Provinsi tuan rumah Universiade promosikan kendaraan berbahan bakar hidrogen

Foto yang diabadikan pada 16 Juli 2023 ini memperlihatkan pusat kebugaran di Kampung Atlet Universiade di Chengdu, Provinsi Sichuan, China barat daya. (Xinhua/Xu Bingjie)

Kendaraan berbahan bakar hidrogen yang akan dioperasikan di Universiade 2021 Chengdu dilengkapi dengan sel bahan bakar hidrogen yang dapat menempuh jarak 450 kilometer dalam sekali pengisian daya, dengan konsumsi bahan bakar hidrogen rata-rata terukur hanya 4 kilogram per 100 kilometer.

 

Chengdu, China (Xinhua) – Pesta Olahraga Universitas Sedunia Musim Panas (Universiade) mendatang di Provinsi Sichuan, China barat daya, akan memberikan peluang lain bagi China untuk mempromosikan kendaraan berbahan bakar hidrogen, setelah kampanye peragaan sebelumnya di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 sukses menyedot perhatian.

Banner

Satu armada yang terdiri dari 80 bus bertenaga hidrogen akan digunakan sebagai kendaraan komuter bagi para atlet dan staf di Universiade Federasi Olahraga Universitas Internasional (FISU) ke-31, yang akan diselenggarakan di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, dari 28 Juli hingga 8 Agustus mendatang, menurut komite eksekutif pesta olahraga itu.

Sebagai kota percontohan di China barat yang mendemonstrasikan penggunaan komersial kendaraan bertenaga hidrogen sejak 2017, Chengdu telah mengakumulasi total 20 juta kilometer dalam jarak tempuh yang aman.

Armada bus di Chengdu tersebut dilengkapi dengan sel bahan bakar hidrogen yang dikembangkan secara mandiri oleh Dongfang Electric Corporation, sebuah produsen peralatan pembangkit listrik yang berbasis di Chengdu.

Banner

Bus bertenaga hidrogen itu dapat menempuh jarak 450 kilometer dalam sekali pengisian daya, dengan konsumsi bahan bakar hidrogen rata-rata terukur hanya 4 kilogram per 100 kilometer.

Kendaraan berbahan bakar hidrogen
Stasiun pengisian bahan bakar hidrogen milik produsen truk China FAW Jiefang terlihat di Changchun, Provinsi Jilin, China timur laut, pada 31 Oktober 2022. (Xinhua/Xu Chang)

Selama Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, total 710 kendaraan bertenaga hidrogen dioperasikan di Kota Zhangjiakou, yang menjadi tuan rumah bersama dengan Beijing, merealisasikan pengerahan terbesar kendaraan sel bahan bakar hidrogen untuk tujuan peragaan dalam sejarah pesta olahraga itu.

Setelah Universiade, Sichuan dijadwalkan akan mengadakan Konferensi Peralatan Energi Bersih Dunia (World Clean Energy Equipment Conference) 2023 di Kota Deyang. Perusahaan terkenal di dunia seperti Siemens, Mitsubishi, Framatome, dan ABB telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam acara tersebut guna berbagi peluang pengembangan.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan