Banner

Houthi Yaman klaim tembak jatuh ‘drone’ mata-mata AS

Kelompok Houthi Yaman pada Jumat (17/5/2024) mengatakan bahwa mereka telah menembak jatuh sebuah “drone mata-mata MQ-9 milik Amerika Serikat (AS)” di atas Provinsi Marib, Yaman tengah. (Xinhua)

Kelompok Houthi Yaman mengatakan bahwa mereka telah menembak jatuh sebuah “drone mata-mata MQ-9 milik Amerika Serikat (AS)” di atas Provinsi Marib, Yaman tengah.

 

Sanaa, Yaman (Xinhua) – Kelompok Houthi Yaman pada Jumat (17/5) mengatakan bahwa mereka telah menembak jatuh sebuah “drone mata-mata MQ-9 milik Amerika Serikat (AS)” di atas Provinsi Marib, Yaman tengah.

Banner

“Pesawat itu ditargetkan oleh peluru kendali darat-ke-udara buatan lokal, dan video yang menunjukkan kejadian tersebut akan disiarkan kemudian,” kata Yahya Sarea, juru bicara militer Houthi, dalam sebuah pernyataan yang ditayangkan oleh al-Masirah TV yang dikelola Houthi.

Dia tidak mengatakan kapan tepatnya drone itu ditembak jatuh.

“Ini adalah pesawat keempat dari jenis yang sama yang telah kami tembak jatuh sejak kami memulai operasi militer kami di Laut Merah untuk mendukung Gaza,” kata Sarea.

Banner

Pihak militer AS belum memberikan tanggapan atas insiden tersebut.

Untuk menunjukkan solidaritas terhadap warga Palestina di Jalur Gaza, pemberontak Houthi, yang menguasai beberapa kota di Yaman utara, mulai November tahun lalu menembakkan rudal balistik anti-kapal dan drone yang menargetkan apa yang mereka katakan sebagai kapal-kapal yang berkaitan dengan Israel yang sedang transit di Laut Merah.

Koalisi angkatan laut AS-Inggris yang ditempatkan di perairan sekitar sejak Januari telah melakukan serangan udara dan serangan rudal terhadap target-target Houthi di Yaman untuk menghalangi kelompok tersebut. Namun sebagai pembalasan, pihak Houthi kemudian memperluas serangan mereka hingga menargetkan kapal-kapal AS dan Inggris.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan