Ekonomi Jerman terancam oleh gelombang pemogokan di sektor transportasi

Foto yang diabadikan pada 10 Januari 2024 ini menunjukkan peron-peron kosong di Stasiun Kereta Pusat Berlin di Berlin, Jerman. Para masinis kereta di Jerman melakukan aksi mogok selama tiga hari yang memicu hambatan signifikan dalam transportasi penumpang di seluruh wilayah negara itu. (Xinhua/Stefan Zeitz)

Kehancuran ekonomi “tidak hanya menyangkut perusahaan-perusahaan yang terkena dampak langsung, tetapi juga seluruh perekonomian.”

 

Berlin, Jerman (Xinhua) – Pemogokan yang kerap dilakukan staf perkeretaapian dan penerbangan di Jerman dapat membawa konsekuensi negatif bagi negara itu sebagai sebuah lokasi bisnis, demikian peringatan dari sebuah asosiasi pengusaha pada Jumat (15/3).

Steffen Kampeter, direktur pelaksana di Konfederasi Asosiasi Pengusaha Jerman (BDA), mengatakan kepada surat kabar Rheinische Post: “Pemogokan di infrastruktur penting tidak hanya mengganggu, tetapi juga menghambat pertumbuhan.” Kehancuran ekonomi “tidak hanya menyangkut perusahaan-perusahaan yang terkena dampak langsung, tetapi juga seluruh perekonomian,” imbuhnya.

Institut Ekonomi Jerman (IW) memperkirakan bahwa satu hari pemogokan kereta api nasional merugikan hingga 100 juta euro atau sekitar 109 juta dolar AS  dalam output ekonomi.

Kehancuran ekonomi
Foto yang diabadikan pada 10 Januari 2024 ini menunjukkan sejumlah kereta di stasiun pusat Frankfurt di Frankfurt, Jerman. (Xinhua/Zhang Fan)

“Hilangnya kepercayaan terhadap keandalan infrastruktur merupakan kerugian bagi Jerman sebagai sebuah lokasi untuk berbisnis,” ujar Kampeter, yang mengkritik tindakan serikat pekerja sebagai tindakan yang “tidak proporsional.” Dia meminta para legislator untuk “membuat komitmen yang jelas bahwa aksi industrial harus tetap menjadi pengecualian.”

Meskipun pemerintah tidak dapat ikut campur dalam perselisihan upah yang tengah berlangsung, Menteri Transportasi Jerman Volker Wissing mengatakan kepada lembaga penyiaran publik ARD bahwa “kami akan mencermati hal ini dengan saksama.”

“Setelah perselisihan upah ini diselesaikan, kami harus mengkaji apakah kami memerlukan perubahan atau tidak,” imbuhnya.

*1 euro = 17.042 rupiah

**1 dolar AS = 15.582 rupiah

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan