Banner

Populasi panda liar di China meningkat jadi hampir 1.900 ekor

Panda raksasa bernama Qiao Yue terlihat di taman hiburan hewan Locajoy di Distrik Yongchuan, Chongqing, China barat daya, pada 3 Januari 2024. (Xinhua/Wang Quanchao)

Kawasan lindung habitat panda raksasa di China telah berkembang dari semula 1,39 juta hektare menjadi 2,58 juta hektare sejak tahun 2012.

 

Beijing, China (Xinhua) – Populasi panda raksasa di alam liar China saat ini berjumlah sekitar 1.900 ekor, meningkat dari sekitar 1.100 ekor pada tahun 1980-an, demikian disampaikan oleh Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional China pada Kamis (25/1).

Banner

Peningkatan yang signifikan ini sebagian besar berkat upaya perlindungan yang semakin intensif oleh pemerintah China, kata Zhang Yue, seorang pejabat di administrasi tersebut.

Kawasan lindung habitat panda
Panda raksasa Ai Lian terlihat di Locajoy, sebuah taman hiburan bertema satwa, di Distrik Yongchuan, Kota Chongqing, China barat daya, pada 18 Januari 2024. Empat ekor panda raksasa, yakni Qing Hua, Qing Lu, Qiao Yue, dan Ai Lian, ditampilkan ke publik pada Kamis (18/1). Mereka dipindahkan dari Pusat Konservasi dan Penelitian Panda Raksasa China ke taman hiburan bertema satwa Locajoy di Yongchuan, Chongqing. (Xinhua/Wang Quanchao)

Didirikan pada Oktober 2021, Taman Nasional Panda Raksasa (Giant Panda National Park) mencakup area seluas lebih dari 22.000 kilometer persegi dan memberikan perlindungan yang signifikan bagi sekitar 72 persen populasi panda raksasa liar, tutur Zhang.

Taman Nasional Panda Raksasa terletak di China tengah yang membentang di Provinsi Sichuan, Ningxia, dan Shaanxi. Taman nasional ini sedang dalam pengembangan dan akan mencakup 67 cagar alam panda yang ada.

Banner
Kawasan lindung habitat panda
Bayi panda raksasa Rui Bao (kiri) dan Hui Bao difoto di Everland Resort di Yongin, Korea Selatan, pada 12 Oktober 2023. Panda raksasa kembar Rui Bao dan Hui Bao diperkenalkan ke publik untuk pertama kalinya pada Kamis (12/10). Nama mereka pun diumumkan dalam kesempatan tersebut. Ai Bao, seekor panda raksasa yang dipinjamkan China ke Korea Selatan tujuh tahun lalu, melahirkan anak kembar pada 7 Juli tahun ini. (Xinhua)

Kawasan-kawasan lindung habitat panda raksasa kini telah berkembang dari semula 1,39 juta hektare menjadi 2,58 juta hektare sejak tahun 2012. Keberadaan kawasan lindung ini telah secara efektif menjaga keamanan dan perkembangan berkelanjutan dari populasi panda liar, demikian menurut data administrasi tersebut.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan