Survei: Separuh warga lajang di bawah 30 tahun di Jepang tak ingin punya anak

Orang-orang menikmati bunga sakura Kawazu yang bermekaran lebih awal di Kawazu, Prefektur Shizuoka, Jepang, pada 24 Februari 2023. (Xinhua/Zhang Xiaoyu)

Jumlah bayi yang lahir di Jepang pada 2022 turun ke rekor terendah, yaitu di bawah 800.000, untuk kali pertama sejak pencatatan mulai dilakukan pada 1899.

 

Tokyo, Jepang (Xinhua) – Menurut survei yang dilakukan oleh sebuah perusahaan farmasi baru-baru ini, hampir separuh dari warga yang belum menikah dan berusia di bawah 30 tahun di Jepang mengaku tidak menginginkan anak, menyebutkan sejumlah alasan yang meliputi masalah ekonomi, beban persalinan, dan mengasuh anak.

Dari 400 responden berusia antara 18 hingga 29 tahun, sebanyak 49,4 persen mengatakan mereka tidak tertarik untuk memiliki anak. Ini adalah persentase tertinggi dalam survei buku putih kehamilan tahunan mana pun untuk tiga tahun terakhir yang dilakukan oleh Rohto Pharmaceutical Co., Ltd.

Berdasarkan gender, sebanyak 53,0 persen pria dan 45,6 persen wanita di Jepang tidak tertarik untuk menjadi orangtua, menurut survei daring yang dilakukan pada Januari lalu.

Jumlah bayi yang lahir
Orang-orang membeli makanan di sebuah pasar yang didirikan untuk merayakan Tahun Baru Imlek di Taman Ueno di Tokyo, Jepang, pada 20 Januari 2023. (Xinhua/Zhang Xiaoyu)

Data pemerintah menunjukkan bahwa jumlah bayi yang lahir di Jepang pada 2022 turun ke rekor terendah, yaitu di bawah 800.000, untuk kali pertama sejak pencatatan mulai dilakukan pada 1899.

Laporan dari World Economic Forum menyebutkan, selain memiliki salah satu populasi yang menyusut paling cepat di dunia, penuaan adalah masalah utama di Jepang. Secara bersama-sama, masalah-masalah ini menggarisbawahi tantangan yang dihadapi pemerintah negara tersebut dan menimbulkan pertanyaan tentang kebijakan yang dapat membantu, termasuk melonggarkan peraturan imigrasi dan meningkatkan partisipasi angkatan kerja.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan