India mulai peluncuran jaringan internet 5G pada Agustus-September 2022

jaringan internet 5g india
Ibu kota India, New Delhi. (Xinhua/tangkapan layar)

Pada akhir tahun ini, peluncuran jaringan layanan internet 5G akan diluncurkan di sedikitnya 20-25 kota dan kota kecil di India.   

 

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah India memperkirakan peluncuran jaringan internet 5G akan dimulai pada Agustus-September tahun ini.

Menteri telekomunikasi federal India Ashwini Vaishnaw pada Kamis (18/8) meminta operator-operator telekomunikasi untuk mempersiapkan peluncuran 5G di negara Asia Selatan tersebut.   

Pada Juni, Vaishnaw menuturkan bahwa pada akhir tahun ini, layanan itu akan diluncurkan di sedikitnya 20-25 kota dan kota kecil di negara itu.   

jaringan internet 5g india
India sedang berada dalam tahap akhir peluncuran layanan telekomunikasi 5G berkecepatan tinggi di negara itu. (Xinhua/tangkapan layar)

Surat penetapan spektrum sudah diterbitkan, katanya.

“Surat penugasan spektrum telah diterbitkan. Meminta penyedia layanan telekomunikasi (telecommunications service providers/TSP) untuk mempersiapkan peluncuran 5G,” kata Vaishnaw dalam pembaruan singkat tentang 5G di media sosial.   

India sedang berada dalam tahap akhir peluncuran layanan telekomunikasi 5G berkecepatan tinggi di negara itu.   

Awal bulan ini, pemerintah India mengumumkan telah melelang gelombang udara 5G spektrum 72.098 MHz (72 GHz).   

Menurut kementerian komunikasi federal, spektrum 51.236 MHz, atau 51 GHz, yang mencakup 71 persen dari total, telah terjual dan total penawarannya mencapai 18,8 miliar dolar AS.

Generasi ke-5 kecepatan tinggi super cepat atau 5G adalah generasi terbaru dari koneksi internet seluler, yang memungkinkan lebih banyak perangkat mengakses internet seluler secara bersamaan berkat penggunaan spektrum radio yang lebih besar. (Xinhua/tangkapan layar)

Lelang untuk spektrum 5G dilakukan pada pekan terakhir bulan Juli. 

Selain tiga operator seluler utama di India, yakni Reliance Jio, Bharti Airtel dan Vodafone Idea, para penawarnya termasuk pendatang baru Adani Data Networks Ltd.   

Penawaran itu digelar untuk memberikan tenor 20 tahun di berbagai pita frekuensi mulai dari 600 MHz hingga 26 GHz.   

Generasi ke-5 kecepatan tinggi super cepat atau 5G adalah generasi terbaru dari koneksi internet seluler, yang memungkinkan lebih banyak perangkat mengakses internet seluler secara bersamaan berkat penggunaan spektrum radio yang lebih besar.   

Dengan peluncuran 5G di India, negara tersebut akan memasuki era baru internet berkecepatan tinggi. Langkah ini akan meningkatkan livestreaming video yang memungkinkan pengunduhan dan pengunggahan data yang lebih cepat.

*1 dolar AS = 14.822 rupiah

Sumber: Xinhua

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here