Banner

China tuntaskan uji transposisi wahana antariksa gunakan lengan robotik

Stasiun luar angkasa internasional. (WikiImages on Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – China berhasil melakukan uji transposisi wahana kargo Tianzhou-2 menggunakan lengan robotik stasiun luar angkasanya pada Kamis pagi (6/1).

Itu kali pertama lengan robotik tersebut mengoperasikan wahana luar angkasa besar di orbit untuk melakukan uji transfer, menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA), seperti dilansir Xinhua, Jumat.

Banner

Tes tersebut dimulai pada pukul 06.12 Waktu Beijing atau pukul 05.12 WIB, dan memakan waktu 47 menit.

Setelah dibuka dan dipisahkan dari modul inti stasiun luar angkasa Tianhe, Tianzhou-2 dipindahkan oleh lengan robotik ke posisi yang telah ditentukan.

Lengan itu kemudian membalikkan manuver untuk mengembalikan wahana antariksa tersebut ke posisi semula. Tianzhou-2 ditambatkan kembali dengan modul inti dan menyelesaikan penguncian.

Banner

Tes sebelumnya memverifikasi kelayakan penggunaan lengan mekanis untuk melakukan transfer modul stasiun luar angkasa, mengonfirmasi efektivitas teknologi yang relevan, serta meletakkan fondasi untuk perakitan di orbit berikutnya dan pembangunan stasiun luar angkasa China, menurut CMSA.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan