Banner

Tim peneliti China pelajari cara produksi pakan ternak dari gas buang industri

Sebuah perahu nelayan terlihat saat sedang beroperasi di sebuah lokasi budi daya perairan dekat Pulau Nanhuangcheng di Yantai, Provinsi Shandong, China timur, pada 8 Agustus 2020. (Xinhua/Wang Kai)

Menurut para peneliti, protein gas buang industri satu karbon (C1GP) memiliki potensi besar dalam hal pakan ternak akuatik dengan efisiensi transformasi yang tinggi, adaptasi yang luas, dan nutrisi yang berlimpah.  

 

Banner

Jakarta (Indonesia Window) – Tim peneliti China melakukan peninjauan sistematis terhadap aplikasi dan potensi pengembangan gas buang industri dalam memproduksi pakan ternak protein akuakultur.

Pesatnya perkembangan akuakultur atau budi daya perairan mendorong adanya peningkatan konsumsi pakan ternak yang solid dan sangat bergantung pada ikan mangsa hasil tangkapan, yang sifatnya tidak berkelanjutan, berbiaya tinggi, dan tidak ramah lingkungan, demikian menurut artikel penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Reviews in Aquaculture.

Protein gas satu karbon (C1GP) diproduksi melalui fermentasi mikroorganisme unik tertentu dengan memanfaatkan substrat dari gas buang industri yang berkaitan dengan satu karbon, seperti metana, metanol, karbon monoksida, dan karbon dioksida. Hal ini dapat menghemat waktu, tanah, air dan sumber daya, mengurangi gas rumah kaca dan material limbah, serta menawarkan sumber protein yang berkelanjutan.

Banner

Para peneliti dari Institut Penelitian Pakan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Pertanian China dan Institut Bioteknologi Industri Tianjin di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS) memperkenalkan kemajuan terbaru terkait mikroorganisme, teknologi produksi protein, nutrisi, dan produk-produk yang menggunakan gas satu karbon sebagai substrat, serta penerapannya dalam pakan akuatik.

Mereka menyimpulkan jalur untuk sekuestrasi karbon dan sekuestrasi nitrogen dari gas buang industri dari satu karbon umum untuk pakan ternak dan meninjau jenis-jenis galurnya (strain).

Menurut para peneliti, C1GP memiliki potensi besar dalam hal pakan akuatik dengan efisiensi transformasi yang tinggi, adaptasi yang luas, dan nutrisi yang berlimpah.  

Banner

Sumber: Xinhua

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan