Banner

China himpun pertanyaan ilmiah secara global terkait eksplorasi ‘deep space’

Foto yang dirilis pada 1 Januari 2022 oleh Badan Antariksa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) ini menunjukkan foto sebuah pengorbit dan planet Mars. (Xinhua/CNSA)

Eksplorasi deep space China akan menjalankan sejumlah misi prioritas berdasarkan saran yang dikumpulkan dari para peneliti eksplorasi antariksa, amatir, dan remaja dari seluruh dunia.

 

Beijing, China (Xinhua) – Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) mulai menghimpun pertanyaan ilmiah penting dari seluruh dunia terkait eksplorasi antariksa dalam (deep space) pada Kamis (24/11).

Banner

Penghimpunan ini bertujuan untuk mendorong pengembangan eksplorasi deep space, membentuk sebuah konsensus internasional tentang pertanyaan ilmiah di bidang ini, serta memecahkan masalah dan tantangan bersama yang dihadapi umat manusia, imbuh CNSA.

Dengan tema ‘Menghimpun Kearifan, Membentuk Masa Depan’ (Gather Wisdom, Shape the Future), acara ini terbuka untuk para peneliti eksplorasi antariksa, amatir, dan remaja dari seluruh dunia. Acara ini akan berlangsung hingga 31 Januari 2023.

CNSA akan menyusun misi-misi prioritas dalam eksplorasi deep space China berdasarkan saran-saran yang terhimpun tersebut, katanya.

Banner
Eksplorasi deep space China
Foto yang dirilis pada 11 Juni 2021 oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) ini menunjukkan swafoto (selfie) dari wahana penjelajah (rover) Mars pertama China, Zhurong, bersama platform pendaratannya. (Xinhua/CNSA)

Laboratorium deep space

Beberapa waktu lalu, laboratorium eksplorasi antariksa dalam (deep space) China meluncurkan program rekrutmen kampus, yang bertujuan untuk menarik lebih banyak talenta muda mengabdikan diri pada eksplorasi luar angkasa negara itu, menurut Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA).

Didirikan bersama oleh CNSA, Provinsi Anhui, dan Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China, laboratorium tersebut berkantor pusat di Hefei, ibu kota Anhui. Laboratorium itu mulai beroperasi pada Juni tahun ini.

Program rekrutmen tersebut diutamakan untuk lulusan 2023. Sebanyak 36 posisi di bidang komputasi, otomatisasi, pesawat terbang, dan kecerdasan buatan terbuka untuk berbagai jurusan antara lain ilmu antariksa, ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan, desain pesawat terbang, komputasi, kecerdasan buatan, dan otomatisasi.

Banner

Sejak didirikan, laboratorium tersebut melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi yang berfokus pada proyek-proyek nasional utama di bidang eksplorasi antariksa, termasuk eksplorasi Bulan dan Mars.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan