Banner

COVID-19 – Ringankan beban keuangan pasien, China sesuaikan asuransi kesehatan

Seorang apoteker memberikan obat kepada seorang kerabat pasien di klinik demam sebuah lembaga kesehatan masyarakat di Kota Jiuting, Distrik Songjiang, Shanghai, China timur, pada 4 Januari 2023. (Xinhua/Liu Ying)

Asuransi kesehatan pasien COVID-19 di China meringankan beban keuangan pasien secara signifikan, dengan warga yang ditanggung dapat memperoleh penggantian sebesar 70 persen dari biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan infeksi COVID-19 rawat jalan.

 

Beijing, China (Xinhua) – Otoritas kesehatan regional di China menerapkan penyesuaian kebijakan asuransi kesehatan demi memenuhi kebutuhan medis pasien COVID-19.

Banner

Kebijakan-kebijakan ini menetapkan tarif penggantian (reimbursement) asuransi kesehatan untuk tagihan medis yang dihasilkan dari rawat jalan dan rawat inap terkait COVID-19 dan layanan-layanan medis daring.

Sementara itu, otoritas kesehatan setempat di beberapa daerah setingkat provinsi, termasuk Beijing, Hubei, Guangxi, Yunnan, dan Anhui, juga telah menetapkan sejumlah obat yang digunakan untuk mengobati gejala infeksi COVID-19 dapat memperoleh penggantian.

Penyesuaian-penyesuaian ini meringankan beban keuangan pasien COVID-19 secara signifikan. Misalnya, berdasarkan kebijakan lokal baru yang diluncurkan di Provinsi Anhui, China timur, pada Desember, warga yang ditanggung oleh asuransi kesehatan dapat memperoleh penggantian sebesar 70 persen dari biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan infeksi COVID-19 rawat jalan.

Banner

Hingga Selasa (3/1), tagihan medis dari pengobatan rawat jalan di provinsi itu mencapai 3,69 juta yuan, dengan 2,41 juta yuan ditanggung oleh dana asuransi kesehatan.

*1 yuan = 2.265 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan