Banner

China terbitkan peraturan tentang dana investasi swasta

Foto dari udara yang diabadikan pada 20 Agustus 2022 ini menunjukkan Gigafactory Tesla di Kawasan Baru Lingang di Zona Perdagangan Bebas Percontohan (Shanghai) China di Shanghai, China timur. (Xinhua/Jin Liwang)

Sektor dana investasi swasta berkembang pesat di China, memainkan peran positif dalam melayani ekonomi riil sembari mendukung kewirausahaan dan inovasi.

 

Beijing, China (Xinhua) – China pada Ahad (9/7) menerbitkan peraturan tentang pengawasan dan administrasi dana investasi swasta, peraturan administratif pertama di sektor tersebut, menandai langkah terbaru untuk menjaga perkembangan industri yang sehat dan melindungi investor.

Banner

Peraturan tersebut, dengan 62 poin dalam tujuh bab, akan mulai diberlakukan pada 1 September 2023, kata Dewan Negara China dalam pernyataannya.

Peraturan itu bertujuan untuk mendorong perkembangan industri dana investasi swasta yang terstandardisasi dan sehat, meningkatkan perlindungan terhadap hak dan kepentingan yang sah dari investor, serta mendorong industri untuk meningkatkan peran dalam melayani ekonomi riil dan mempromosikan inovasi ilmiah dan teknologi.

Peraturan tersebut menjelaskan ruang lingkup penerapan, menetapkan kewajiban dan persyaratan bagi pengelola dan kustodian dana swasta, mengatur penggalangan dana dan pengoperasian investasi, serta memperkuat pengawasan dan pengelolaan serta tanggung jawab hukum.

Banner

Peraturan baru itu juga membuat ketentuan khusus untuk dana modal ventura, menunjukkan bahwa China mendorong investasi ke perusahaan teknologi dan rintisan (start-up).

Pada hari yang sama, badan regulator sekuritas utama China mengatakan akan melakukan upaya solid untuk mendukung penerapan peraturan tersebut, menyusun langkah-langkah dan peraturan terkait, dan semakin menyempurnakan persyaratan peraturannya guna memaksimalkan peran positif dari dana investasi swasta dalam memenuhi permintaan pendanaan.

Sektor dana investasi swasta berkembang pesat di China, memainkan peran positif dalam melayani ekonomi riil sembari mendukung kewirausahaan dan inovasi.

Banner

Hingga Mei, sekitar 22.000 pengelola investasi swasta telah terdaftar, mengelola dana senilai sekitar 21 triliun yuan, yang berada di peringkat teratas secara global.

*1 yuan = 2.089 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan