Banner

Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi berkabung atas wafatnya mantan presiden China Jiang Zemin

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Lim Jock Hoi pada Selasa (6/12) mengunjungi Kedutaan Besar China untuk ASEAN dan menyampaikan belasungkawa atas wafatnya mendiang mantan presiden China Jiang Zemin. (Sumber: Kedutaan Besar China untuk ASEAN)

Mendiang mantan presiden China Jiang Zemin adalah seorang pemimpin yang unggul, yang memberikan kontribusi signifikan bagi pembentukan, penguatan dan perkembangan hubungan ASEAN-China.

 

Jakarta (Xinhua) – Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Lim Jock Hoi pada Selasa (6/12) mengunjungi Kedutaan Besar China untuk ASEAN dan menyampaikan belasungkawa atas wafatnya mendiang mantan presiden China Jiang Zemin. Kuasa Usaha Kedubes China untuk ASEAN Qu Boxun menerima kunjungan Lim dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Lim.

Banner

Lim berkabung di depan potret Jiang dan menulis pesan belasungkawanya di atas booklet perkabungan. Lim menyatakan bahwa wafatnya Jiang adalah kerugian yang sangat besar bagi rakyat China maupun masyarakat internasional, dan atas nama Sekretariat ASEAN dia menyampaikan simpati mendalam dan rasa duka cita kepada pemerintah dan rakyat China.

Lim mengatakan bahwa mendiang mantan presiden China Jiang Zemin adalah seorang pemimpin yang unggul. Jiang memberikan kontribusi signifikan bagi pembentukan, penguatan dan perkembangan hubungan ASEAN-China. Dukungan Jiang terhadap ASEAN adalah bukti nyata dari hubungan persahabatan ASEAN-China yang saling menguntungkan.

Menurut Lim, saat ini hubungan ASEAN-China berkembang dengan baik, kedua pihak menjalin hubungan kemitraan strategis komprehensif dan merupakan mitra dagang terbesar bagi satu sama lain. Kedua pihak memiliki potensi besar dalam kerja sama di bidang pariwisata, investasi, ekonomi digital, pembangunan berkelanjutan dan pertukaran antarmasyarakat. ASEAN bersedia bersama-sama dengan China untuk terus berusaha memperdalam kerja sama kedua pihak di berbagai bidang.

Banner

Qu berterima kasih kepada Lim dan menganggap bahwa kunjungan Lim dan pernyataan yang bersahabat darinya menunjukkan bahwa ASEAN sangat mementingkan hubungannya dengan China. China akan terus memprioritaskan pengembangan hubungannya dengan ASEAN melalui cara-cara diplomasi bertetangga dan berkeinginan dengan ASEAN untuk berupaya mendorong hubungan kedua pihak terus berkembang lebih baik lagi.

Dalam beberapa hari terakhir, duta besar atau kuasa usaha dari berbagai negara untuk ASEAN, termasuk Indonesia, turut datang ke Kedubes China untuk ASEAN guna menyampaikan rasa berkabung atas wafatnya mendiang mantan presiden China Jiang Zemin.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan