Rusia akan bawa tanah dari Venus ke Bumi

Rusia akan bawa tanah dari Venus ke Bumi
Ilustrasi Venus. Para ahli dari Lembaga Penelitian Luar Angkasa (IKI) di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia mulai mengerjakan misi untuk membawa tanah dari Venus ke Bumi. (WikiImages from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Para ahli dari Lembaga Penelitian Luar Angkasa (IKI) di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia mulai mengerjakan misi untuk membawa tanah dari Venus ke Bumi, kata Penasihat Sains IKI Lev Zelenyi kepada Kantor Berita TASS pada Senin (17/8).

“Kami sedang mengerjakan misi ini. Tugas menarik ini telah ditetapkan, tetapi sangat sulit,” kata Zelenyi.

Misi tersebut dilakukan dalam kerangka program baru untuk mengeksplorasi Venus.

Penasihat sains itu menyarankan bahwa upaya untuk membawa tanah ke Bumi kemungkinan besar akan dilakukan dengan menggunakan kendaraan generasi berikutnya, bukan dengan bantuan Venera-D, karena sistem peluncuran yang unik akan diperlukan.

Pada pertengahan Mei, Zelenyi memberi tahu TASS bahwa program baru untuk menjelajahi Venus akan dikembangkan dengan setidaknya tiga kendaraan ilmiah.

Menurut ilmuwan tersebut, ekspedisi pertama dalam rangka program tersebut adalah misi luar angkasa Venera-D yang direncanakan pada akhir tahun 2020-an.

Program untuk menjelajahi Venus, yang merupakan planet kedua dari matahari dalam sistem tata surya, sudah ditetapkan sejak zaman Uni Soviet.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here