Presidensi G20 berkomitmen tingkatkan luasan terumbu karang 10 persen

Presidensi G20 berkomitmen tingkatkan luasan terumbu karang 10 persen
Ilustrasi. Presiden kelompok ekonomi G20 yang kini dijabat oleh Arab Saudi berkomitmen untuk meningkatkan luasan terumbu karang dunia sebesar sekitar 10 persen. (Marek Okon on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Presidensi kelompok ekonomi G20 yang kini dijabat oleh Arab Saudi berkomitmen untuk meningkatkan luasan terumbu karang dunia sebesar sekitar 10 persen.

“Jadi, ambisi dari Presiden G20 Saudi adalah tidak hanya berusaha untuk melestarikan terumbu yang kita miliki tetapi benar-benar meningkatkan luasan terumbu karang secara global mungkin sekitar sepuluh persen,” Prof. Carlos M. Duarte, Profesor Ilmu Kelautan di King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) mengatakan pada media briefing tentang Mengamankan Masa Depan untuk Terumbu Karang Dunia di Riyadh, Rabu.

Prof. Duarte menyoroti perlunya kolaborasi internasional sebagai faktor penting, karena tidak ada satu negara pun yang memiliki kapasitas untuk menghadapi ancaman terhadap terumbu karang sendirian.

“Kerajaan Arab Saudi berkomitmen untuk melestarikan terumbu karang dan belajar dari ketahanan terumbu karang di Laut Merah terhadap kerusakan, dan berbagi pelajaran dengan seluruh dunia tetapi kami tak dapat melakukan itu sendirian,” ujarnya.

“Kita membutuhkan kemitraan global untuk mempercepat kemajuan cepat dalam melestarikan terumbu karang dan memastikan bahwa anak cucu kita akan terus menikmati terumbu karang yang sehat di Laut Merah dan di tempat lain,” kata Prof. Duerte.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here