Banner

Pesawat amfibi AG600 China diperkirakan masuki pasar pada 2025

Pesawat pemadam kebakaran AG600M menjatuhkan air (water-dropping) dalam uji pengambilan dan penjatuhan air di Jingmen, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 September 2022. (Xinhua/Wu Zhizun)

Pesawat amfibi AG600M dirancang khusus untuk mengatasi kebakaran hutan, dengan kemampuan terbang di ketinggian rendah pada kecepatan rendah, sehingga memungkinkannya untuk dapat menjatuhkan air secara akurat di atas titik kebakaran.

 

Beijing, China (Xinhua) – Pesawat amfibi berukuran besar AG600 yang dikembangkan China diperkirakan akan memasuki pasar pada 2025, demikian disampaikan Aviation Industry Corporation of China (AVIC).

Banner

Pesawat AG600M, model khusus untuk pemadaman kebakaran yang termasuk dalam keluarga pesawat amfibi berukuran besar AG600, menargetkan akan mendapatkan sertifikat tipe (type certificate) pada 2024, jelas AVIC, produsen pesawat terkemuka di China.

AVIC akan berupaya mempercepat pengiriman awal pesawat pemadam kebakaran AG600M dalam batch-batch kecil pada 2025, imbuh perusahaan tersebut.

AVIC juga akan memfasilitasi proses perolehan sertifikat tipe untuk model lain dari keluarga pesawat AG600, terutama pesawat misi penyelamatan, pada 2025.

Banner

Tahun 2023 menjadi tahun yang penting untuk pengembangan pesawat, karena serangkaian misi pengujian utama dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun ini. AVIC akan berupaya membuat pesawat AG600M mampu melayani misi pemadaman kebakaran, kata produsen pesawat China itu.

AVIC berkomitmen untuk melakukan upaya tegas dalam memenuhi target-target utama proyek AG600, berkontribusi untuk mempertahankan sistem penyelamatan darurat dan pencegahan bencana alam China.

Pesawat amfibi AG600M
Awak pesawat pemadam kebakaran AG600M turun dari pesawat usai uji pengambilan dan penjatuhan air di Jingmen, Provinsi Hubei, China tengah, pada 27 September 2022. (Xinhua/Wu Zhizun)

Serangkaian misi uji terbang dan uji darat rencananya akan dilakukan tahun ini untuk memastikan pesawat AG600M mampu menjalankan misi pemadaman kebakaran. Uji-uji tersebut akan dilakukan guna memastikan progres untuk mendapatkan sertifikasi kelaikan udara, kata AVIC.

Banner

Rangkaian uji ini di antaranya meliputi uji penerbangan dalam skenario misi tipikal, uji iron-bird, uji validasi laboratorium, uji statis, uji penerbangan validasi kelaikan udara, dan uji kualitas untuk perangkat udara.

Dengan nama sandi Kunlong, atau ‘Naga Air’ dalam bahasa Mandarin, keluarga pesawat AG600 dikembangkan sebagai peralatan aeronautikal penting untuk memperkuat kemampuan penyelamatan darurat China. Pesawat ini dapat digunakan dalam tugas pemadaman kebakaran hutan, misi pencarian dan penyelamatan maritim, serta misi penyelamatan darurat penting lainnya.

Sebagai salah satu anggota keluarga AG600, AG600M dirancang khusus untuk mengatasi kebakaran hutan. Bobot lepas landas maksimumnya adalah 60 ton, dengan kapasitas pengangkutan air hingga 12 ton. Pesawat ini dapat melakukan penerbangan di ketinggian rendah pada kecepatan rendah, sehingga memungkinkannya untuk dapat menjatuhkan air secara akurat di atas titik kebakaran.

Banner

Keluarga pesawat AG600 telah mencapai kemajuan konstan pada 2022, baik dalam hal pengembangan pesawat maupun eksplorasi pasar, menurut AVIC.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan