Banner

Helikopter Ingenuity NASA tuntaskan 50 penerbangan di Mars

Foto yang diabadikan oleh wahana penjelajah Perseverance milik NASA pada 15 Juni 2021 ini menunjukkan helikopter Ingenuity di Mars. (Xinhua/NASA)

Helikopter Ingenuity NASA dirancang untuk terbang dengan durasi hingga 90 detik, dengan jarak tempuh hampir 300 meter dalam sekali penerbangan, dan pada ketinggian sekitar 3 sampai 4,5 meter dari permukaan tanah.

 

Los Angeles, AS (Xinhua) – Helikopter Mars milik NASA menyelesaikan penerbangannya yang ke-50 di Planet Merah, menurut badan antariksa tersebut.

Banner

Pesawat udara pertama di planet lain itu melakukan penerbangannya yang ke-50 pada Kamis (13/4), dengan menempuh jarak lebih dari 322,2 meter dalam waktu 145,7 detik, ungkap NASA. Helikopter itu juga mencatat rekor ketinggian baru dengan melayang di ketinggian 18 meter sebelum mendarat di dekat “Kawah Belva” yang memiliki lebar 800 meter, kata NASA.

Helikopter Ingenuity NASA
Foto yang dirilis pada 11 Juni 2021 oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA) ini menunjukkan swafoto wahana penjelajah Mars pertama China, Zhurong, bersama platform pendaratannya. (Xinhua/CNSA)

Helikopter yang diberi nama Ingenuity itu tiba di Kawah Jezero Mars pada 18 Februari 2021, dengan menempel di perut wahana penjelajah (rover) Perseverance milik NASA. Helikopter itu merupakan demonstrasi teknologi untuk menguji pesawat bertenaga di planet lain untuk pertama kalinya.

Ingenuity akan segera memperingati dua tahun penerbangan pertamanya, yang dilakukan pada 19 April 2021 lalu.

Banner

Helikopter itu dirancang untuk terbang dengan durasi hingga 90 detik, dengan jarak tempuh hampir 300 meter dalam sekali penerbangan, dan pada ketinggian sekitar 3 sampai 4,5 meter dari permukaan tanah, sebut NASA.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan