UEA buka kembali semua titik masuk dengan Qatar

UEA buka kembali semua titik masuk dengan Qatar
Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu (9/1/2021) membuka kembali semua titik masuk darat, laut dan udaranya dengan Qatar. (Marjon Verhoeven from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu membuka kembali semua titik masuk darat, laut dan udaranya dengan Qatar, menurut laporan Kantor Berita WAM melaporkan.

Khalid Abdullah Belhoul, Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, mengatakan UEA akan mulai mengakhiri semua tindakan yang diambil terhadap Qatar setelah penandatanganan pernyataan Al-Ula yang mencakup perjanjian solidaritas permanen untuk memperkuat persatuan dan kohesi Teluk dan negara-negara Arab.

Deklarasi Al-Ula dihasilkan pada KTT Dewan Kerja Sama Teluk atau Gulf Cooperation Council (GCC) ke-41 pada Selasa (5/1) di Al-Ula, kota bersejerah di Arab Saudi yang termasuk dalam wilayah Madinah.

Deklarasi tersebut menguatkan hubungan enam anggotanya, yakni Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, Oman, Kuwait dan Bahrain.

Belhoul juga mengatakan UEA akan membuka kembali semua pelabuhan darat, laut dan udara untuk pergerakan masuk dan keluar dengan Qatar.

Otoritas Umum Penerbangan Sipil UEA mengatakan akan melanjutkan penerbangan terjadwal dan tidak terjadwal antara kedua negara di bawah koordinasi dengan otoritas penerbangan sipil dan maskapai penerbangan nasional Emirates.

Belhoul mengatakan UEA akan bekerja sama dengan Qatar untuk mengakhiri semua masalah lainnya melalui pembicaraan bilateral.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal GCC Nayef Al-Hajraf menyambut baik pernyataan UEA, mengatakan hal tersebut mencerminkan keinginan besar dan upaya tulus untuk meningkatkan kekuatan (blok), ketahanan dan kohesi, guna mengatasi semua rintangan dan tantangan.

Pada Juni 2017, UEA, Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar menyusul isu terorisme.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here