Turki tiga besar dunia transplantasi organ

Turki tiga besar dunia transplantasi organ
Ilustrasi sebuah operasi. (Photo by Olga Kononenko on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Turki merupakan tiga negara teratas di dunia dalam transplantasi organ, menurut seorang pejabat Turki.

“Turki menduduki peringkat tertinggi di dunia, kami berada di tiga teratas dalam transplantasi organ,” Ahmet Tekin, seorang pejabat dari Kementerian Kesehatan Turki, mengatakan kepada Kantor Berita Anadolu yang dikutip di Jakarta, Kamis.

Pada 2018, hampir 5.600 organ ditransplantasikan, dan diharapkan jumlahnya akan mencapai 6.000 operasi pada 2019, kata Tekin.

Dia menambahkan bahwa Pusat Transplantasi Organ di Universitas Akdeniz Antalya adalah fasilitas kesehatan terkemuka di Turki.

“Transplantasi organ dilakukan dengan metode robot untuk pertama kalinya di Universitas Akdeniz. Di negara kami, operasi ini dilakukan di sana-sini, tetapi pada akhirnya akan menjadi rutin di mana-mana,” tambahnya.

Dokter di Universitas Akdeniz telah menarik perhatian publik karena berhasil melakukan transplantasi wajah, lengan, dan rahim. Mereka adalah dokter pertama di dunia yang melakukan 10 transplantasi jaringan komposit.

Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa sejauh ini transplantasi ginjal merupakan operasi yang paling sering dilakukan di seluruh dunia.

Tekin mengatakan bahwa banyak pasien asing datang ke Turki untuk wisata kesehatan, terutama untuk transplantasi organ.

Menurut dia, pendapatan Turki dari pariwisata kesehatan saat ini mencapai sekitar 1,5-2 miliar dolar AS (1 dolar AS=14.050 rupiah).

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here