Utang nasional AS tembus 34 triliun untuk pertama kalinya

Foto yang diabadikan pada 20 Januari 2023 ini menunjukkan Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) di Washington, DC, AS. (Xinhua/Liu Jie)

Total utang publik pemerintah federal Amerika Serikat untuk pertama kalinya melampaui 34 triliun dolar AS, dan menjadi pencapaian yang benar-benar menyedihkan.

 

Washington, AS (Xinhua) – Total utang publik pemerintah federal Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya melampaui 34 triliun dolar AS, menurut laporan Departemen Keuangan pada Selasa (2/1).

Total utang publik AS naik menjadi 34 triliun dolar dari 33,9 triliun dolar pada Kamis (28/12), menurut Daily Treasury Statement yang baru dirilis pada Jumat (29/12).

Utang nasional bruto AS mencapai 34 triliun dolar pada Jumat, tiga bulan setelah mencapai 33 triliun dolar dan ini merupakan pencapaian yang benar-benar menyedihkan, kata Maya MacGuineas, presiden Committee for a Responsible Federal Budget dalam sebuah pernyataan.

“Tidak ada satu pun alasan ekonomi untuk menambah utang pada tingkat saat ini, tetapi sayangnya para pemimpin politik kita tidak bersedia melakukan perubahan yang diperlukan untuk membalikkan situasi fiskal,” kata MacGuineas.

Angka utang terbaru tersebut dirilis ketika anggota Kongres bersiap menghadapi putaran lain perselisihan pendanaan federal. Pendanaan untuk sejumlah lembaga dan program federal saat ini akan berakhir pada akhir bulan ini.

*1 dolar AS = 15.495 rupiah

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan