Taiwan investasi Rp95 miliar untuk produksi masker

Taiwan investasi Rp95 miliar untuk produksi masker
Masyarakat mengenakan masker kesehatan di Stasiun Kereta Api Utama Taipei, Taiwan pada Februari 2020. (Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Dengan semakin tingginya kebutuhan masker kesehatan menyusul merebaknya wabah virus corona baru di seluruh dunia, Pemerintah Taiwan pada 31 Januari 2020 memutuskan untuk berinvestasi sekitar 200 juta dolar NT (sekitar Rp95 milyar) guna menambah 60 jalur produksi masker dalam waktu singkat.

Pernyataan dari Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) yang diterima di Jakarta, Kamis menyebutkan bahwa investasi tersebut disambut oleh kusinan produsen mesin dan teknologi besar Taiwan yang menyediakan sumber daya manusia secara sukarela dan material secara cuma-Cuma. Pemerintah dan masyarakat telah membentuk tim masker nasional untuk membangun jalur produksi masker tambahan.

Investasi tersebut telah menjadikan upaya membangun 60 jalur produksi masker yang diperkirakan memerlukan waktu enam bulan, diselesaikan dalam waktu kurang dari sebulan.

Hal tersebut memungkinkan produksi masker kesehatan Taiwan meningkat menjadi 10 juta lembar per hari pada awal Maret.

Selain itu, Pemerintah Taiwan juga telah menginvestasikan tambahan 30 jalur produksi baru, dan diharapkan akan selesai secara bertahap pada akhir Maret.

Pada saat proyek tersebut diselesaikan, Taiwan akan menjadi produsen masker kesehatan terbesar kedua di dunia.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here