Mahakarya potret diri dari koleksi Galeri Uffizi dipamerkan di Beijing

Seorang pengunjung terlihat di Mahakarya Potret Diri dari Koleksi Galeri Uffizi di Museum Nasional China di Beijing, ibu kota China, pada 26 April 2023. (Xinhua/Jin Liangkuai)

Seni potret diri tidak hanya menangkap kemiripan dengan seniman pembuatnya, tetapi juga memberikan informasi berharga untuk mengkaji masyarakat, budaya, dan gaya pada zamannya.

 

Beijing, China (Xinhua) – Museum Nasional China di Beijing saat ini sedang menggelar sebuah pameran mahakarya potret diri dari Galeri Uffizi (Uffizi Galleries) di Italia.

Pameran itu menampilkan 50 karya potret diri berbagai seniman terkenal, seperti Raphael dan Titian, mulai dari periode Renaisans hingga era kontemporer.

Sebagai sebuah genre seni khusus, potret diri tidak hanya menangkap kemiripan dengan seniman pembuatnya, tetapi juga memberikan informasi berharga untuk mengkaji masyarakat, budaya, dan gaya pada zamannya, menurut pengantar pameran tersebut.

Karya-karya seni tersebut merupakan eksplorasi para seniman terhadap dunia batin mereka dan dapat dianggap sebagai “biografi visual” dari pembuatnya, ujar kurator China Pan Qing.

Digelar dari 27 April hingga 10 September mendatang, pameran tersebut menarik banyak pengunjung selama libur Hari Buruh yang berdurasi lima hari mulai dari 29 April.

Seorang pengunjung wanita berusia 33 tahun yang bermarga Hu mengatakan dirinya sangat menyukai lukisan potret. “Saat mengamati sebuah lukisan potret, saya merasa seolah-olah sedang melakukan kontak mata dengan orang yang berada di atas kanvas, dan kami sedang berdialog secara langsung.”

“Kami berharap acara ini akan membantu mempromosikan pertukaran budaya antara China dan Italia, serta menjalin hubungan yang lebih erat antara kedua bangsa,” imbuh Pan.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan