Fitch: Pemulihan konsumsi China dimulai dengan mantap pada 2023

Seorang pengunjung berinteraksi dengan layar sentuh mesin swalayan untuk mendapatkan tiket di sebuah bioskop di Guiyang, Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 29 Januari 2023. (Xinhua/Tao Liang)

Sektor konsumsi China membukukan pemulihan yang kuat pada awal 2023, dengan sektor layanan konsumen luring China, termasuk pariwisata, film, dan jasa boga, yang sangat terdampak oleh epidemi COVID-19, mencatatkan peningkatan permintaan yang kuat selama liburan Festival Musim Semi atau Tahun Baru Imlek.

 

Beijing, China (Xinhua) – Sektor konsumsi China membukukan pemulihan yang kuat pada awal 2023, dengan sektor layanan diskresioner kelas atas dan menengah ke atas melaporkan kinerja yang impresif, demikian menurut laporan dari Fitch Ratings.

Sektor layanan konsumen luring China, termasuk pariwisata, film, dan jasa boga, yang sangat terdampak oleh epidemi COVID-19, mencatatkan peningkatan permintaan yang kuat selama liburan Festival Musim Semi atau Tahun Baru Imlek, lanjut laporan itu.

Perjalanan wisatawan domestik pulih sekitar 90 persen dari level 2019, sementara belanja pariwisata mencapai 73 persen berkat potongan harga tiket.

Box office China mencapai rekor tertinggi kedua, dan jumlah kunjungan bioskop hanya sedikit di bawah level 2019, sebut Fitch Ratings. Konsumsi bersantap di restoran tumbuh 15,4 persen secara tahunan (year on year/yoy) selama liburan Tahun Baru Imlek, dengan rata-rata pengeluaran di restoran naik 10,8 persen, ungkap Fitch Ratings, mengutip data dari Kementerian Perdagangan China.

Fitch Ratings memperkirakan permintaan domestik untuk jasa boga, pariwisata, layanan kecantikan, serta kegiatan budaya dan hiburan akan pulih dengan mantap pada 2023.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan