PM Li Keqiang sambut perusahaan asing untuk berinvestasi di China

Foto ini menunjukkan seorang pekerja sedang menghitung uang kertas dari mata uang China Renminbi (RMB) di sebuah bank di Linyi, Provinsi Shandong, China timur. (Xinhua/Zhang Chunlei)

Sektor keuangan China akan terus terbuka demi mendorong lebih banyak investasi dari investor lembaga asing yang memenuhi kualifikasi, sembari menjaga stabilitas keuangan domestik.

 

Beijing, China (Xinhua) – Perdana Menteri (PM) China Li Keqiang pada Kamis (1/12) menyambut perusahaan-perusahaan asing untuk terus berinvestasi di China saat dia bertemu dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel di Beijing.

Li mengatakan China akan selalu berkomitmen pada kebijakan dasar negaranya untuk keterbukaan seraya menyerukan kedua belah pihak agar lebih terbuka satu sama lain. Ini akan terus mendorong lingkungan bisnis internasional berbasis pasar dan hukum, dan memperlakukan semua jenis perusahaan secara setara dan adil.

Li mengatakan China akan terus membuka sektor keuangannya dan mendorong lebih banyak investasi dari investor lembaga asing yang memenuhi kualifikasi, sembari menjaga stabilitas keuangan domestik.

China akan berusaha menjaga stabilitas dasar nilai tukar mata uang China, renminbi (RMB), dan menjaganya pada level yang wajar dan seimbang, katanya.

China siap untuk meningkatkan kerja sama dengan Uni Eropa (UE) atas dasar saling menghormati dan kesetaraan, serta menangani berbagai perbedaan secara tepat untuk mempromosikan pengembangan yang sehat dan stabil dari kemitraan strategis komprehensif China-UE, kata Li, seraya menekankan bahwa China berharap melihat UE yang bersatu dan makmur.

Kedua belah pihak sepakat untuk melindungi perdagangan bebas dan stabilitas rantai pasokan internasional, serta bersama-sama mengatasi perubahan iklim, keamanan energi, dan tantangan global lainnya.

Keduanya saling bertukar pandangan tentang krisis Ukraina. Li mengatakan bahwa China mendukung setiap upaya untuk menyelesaikan krisis secara damai dan akan terus memainkan peran yang konstruktif.

Michel mengatakan UE mematuhi kebijakan Satu China dan berharap membuat pertemuan para pemimpin UE-China yang terbaru itu berhasil.

Michel menyatakan belasungkawa mendalam atas meninggalnya Kamerad Jiang Zemin, dan Li pun menyampaikan terima kasihnya.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan