Sekjen Liga Dunia Muslim serukan media kabarkan Islam sejati

Sekjen Liga Dunia Muslim serukan media kabarkan Islam sejati
Syeikh Mohammed Al-Essa, Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) berbicara di Saudi Media Forum di Riyadh pada Senin (2/12/2019). (SPA/Saudi Press Agency)

Jakarta (Indonesia Window) – Sekretaris Jenderal Liga Dunia Muslim (MWL) Syeikh Mohammed Al-Essa menekankan pentingnya peran umat Islam, media massa dan organisasi Islam dalam menghadirkan citra Islam dan Muslim yang sebenarnya.

Menurut Syeik Al-Essa Gambaran Islam yang sebenarnya juga akan menghilangkan keraguan tentang Islam dan menjadi cara dalam melawan distorsi tentang Islam, demikian laporan Saudi Gazette yang dikutip di Jakarta, Rabu.

Pernyataan Sekjen MWL itu disampaikan saat berbicara dalam sesi berjudul “Islamofobia: krisis intelektual atau krisis media” di Saudi Media Forum, yang digelar di Riyadh pada Senin (2/12).

Selanjutnya dia memperingatkan sejumlah kalangan muda yang terpikat pada ide-ide berbahaya yang tidak ada hubungannya dengan Islam dan Muslim.

Dia menggarisbawahi peran media dalam menghadapi fenomena Islamofobia, dan perannya dalam mengubah citra stereotipe yang diciptakan oleh media yang memusuhi Islam.

“Islamofobia adalah istilah yang harus dieksplorasi dalam semua perinciannya, dimulai dengan sebab, analisis dan solusi, dan membandingkannya dengan kontroversi di sekitarnya dari semua aspek,” katanya.

Menurut dia, efek negatif dari istilah ini telah meningkat dengan kehadiran organisasi ekstrimis dan teroris yang secara keliru menghubungkan mereka dengan Islam.

Kurangnya dialog positif antara Umat Islam dengan pihak-pihak lain juga dianggapnya menyebabkan pandangan negatif tentang Islam.

“Kesenjangan ini telah melipatgandakan efek negatif dari Islamofobia,” katanya.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here