Saudi perlihatkan rudal Iran yang digunakan dalam serangan Aramco

Saudi pamerkan rudal Iran dalam serangan Aramco
Juru bicara Kementerian Pertahanan Arab Saudi, Kolonel Turki Al-Maliki, di Riyadh pada Rabu (18/9/2019) memperlihatkan persenjataan yang digunakan dalam serangan terhadap Aramco. (AFP)

Jakarta (Indonesia Window) – Arab Saudi menampilkan pesawat tanpa awak dan rudal jelajah milik Iran yang diklaim digunakan dalam serangan terhadap fasilitas Aramco yang terjadi pada akhir pekan.

“Serangan-serangan itu tidak diragukan disponsori oleh Iran, tapi penyelidikan masih dilakukan untuk menentukan lokasi peluncuran yang tepat,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Kolonel Turki Al-Maliki pada konferensi pers di Riyadh pada Rabu (18/9), demikian laporan dari Arabnews.

Dia menjelaskan bahwa serangan itu datang dari arah utara target dan bukan dari Yaman, tempat gerilyawan Houthi yang mengklaim bertanggungjawab atas serangan pada Sabtu (14/9).

“Serangan itu diluncurkan dari arah utara dan disponsori oleh Iran,” katanya dalam konferensi pers. “Bukti … yang telah Anda lihat di depan Anda, membuat ini tidak dapat disangkal,” lanjutnya.

Saudi perlihatkan rudal Iran yang digunakan dalam serangan Aramco
Sisa-sisa persenjataan Iran yang diklaim Arab Saudi digunakan dalam serangan terhadap Aramco pada akhir pekan. (AFP)

Menurut dia, dampak dari rudal jelajah yang tepat menuju sasaran menunjukkan kemampuan di luar kapasitas proksi. “Arah sasar rudal menunjukkan arah perjalanan dari utara ke selatan,” kata Kolonel Turki.

Selanjutnya dia menjelaskan bahwa delapan belas pesawat tak berawak dan tiga rudal diluncurkan terhadap Abqaiq, lokasi fasilitas pemrosesan minyak terbesar di dunia. Namun rudal itu “gagal” menyasar target. Sementara itu, ada empat rudal yang menyasar ladang minyak Khurais.

Rudal Ya Ali, yang memiliki jangkauan 700 kilometer, diketahui telah digunakan oleh Pengawal Revolusi Iran, jelas Kolonel Turki.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here