Saudi fasilitasi naturalisasi bagi orang berbakat luar biasa

Saudi fasilitasi naturalisasi bagi orang berbakat luar biasa
Sebuah kawasan teknologi siber di Riyadh, Arab Saudi. (Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Dengan Visi 2030 yang akan menjadikan Arab Saudi sebagai jantung dunia Arab dan Islam serta pusat investasi dunia yang menghubungkan tiga benua, pemerintah kerajaan itu membutuhkan para ahli dengan bakat dan karya luar biasa.

Guna menarik menarik orang-orang kreatif dari seluruh dunia untuk menetap di Arab Saudi, Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman, telah mengeluarkan perintah untuk memfasilitasi proses naturalisasi bagi warga asing yang  berbakat luar biasa, lapor harian Sabq yang dikutip oleh Saudi Gazette.

Perintah Raja Salman tersebut termasuk memberikan kewarganegaraan Saudi bagi orang-orang berbakat di seluruh dunia yang unggul dalam berbagai bidang.

Mereka yang berpeluang untuk mendapat kewarganegaraan Arab Saudi bisa merupakan orang-orang terhormat dan kreatif dari suku-suku terlantar di Arab Saudi, anak-anak dari para perempuan Saudi, dan orang-orang yang lahir di negara tersebut yang memenuhi syarat.

Fasilitas naturalisasi juga berlaku bagi para ilmuan, cendikiawan, orang-orang kreatif, dan ahli terkemuka di berbagai bidang, seperti Syariah, medis, ilmu pengetahuan, budaya, olahraga, dan teknologi.

Undangan menjadi warga negara Arab Saudi juga berlaku bagi para ahli ilmu forensik, ilmu kedokteran, farmakologi, matematika, komputer, pertanian, energi nuklir dan terbarukan, industri minyak dan gas, kecerdasan buatan, Internet of Things, aplikasi, big data, rekayasa perangkat lunak, robotika, komputer berperforma tinggi, nanoteknologi, lingkungan, desalinasi air, pertambangan, geologi, luar angkasa, dan penerbangan.

Mereka yang unggul di bidangnya diharapkan menjadi warga negara Arab Saudi yang produktif dan berkontribusi dalam pembangunan kerajaan, serta mendukung dan meningkatkan kemampuan masyarakat setempat melalui transfer pengetahuan di daerah-daerah yang dibutuhkan.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here