Saudi bangun gerbang sterilisasi di Masjidil Haram

Saudi bangun gerbang sterilisasi di Masjidil Haram
Petugas melewati gerbang sterilisasi yang dipasang di pintu masuk Masjidil Haram sebagai bagian dari upaya penceganan penyebaran virus corona baru (COVID-19). (Pemerintah Kerajaan Arab Saudi)

Jakarta (Indonesia Window) – Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah meluncurkan gerbang sterilisasi mandiri di pintu masuk Masjidil Haram sebagai bagian dari upaya mencegah wabah virus corona baru (COVID-19), demikian laporan Kantor Berita Saudi Press Agency (SPA) pada Kamis.

Sebelum orang-orang memasuki halaman Masjidil Haram, mereka harus melewati gerbang yang akan mensterilkan dari ujung kepala sampai ujung kaki menggunakan semprotan sanitasi.

Gerbang itu didirikan satu pekan setelah kamera termal dipasang di ka’bah.

Kamera yang dapat secara akurat memindai suhu hingga 25 orang pada saat yang sama itu juga dipasang di pintu masuk halaman Masjidil Haram.

Kamera serupa dipasang di Masjid Nabawi di Madinah pada awal bulan ini.

Pihak berwenang menutup dua masjid tersebut untuk umum sebagai bagian dari langkah memerangi penyebaran virus korona baru.

Kementerian Urusan Islam Arab Saudi pada April membantah kabar bahwa masjid-masjid di seluruh kerajaan itu akan segera dibuka kembali untuk sholat berjamaah setelah pandemik COVID-19 memaksa tempat-tempat ibadah tersebut ditutup sejak bulan lalu.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here