Rusia tempatkan sistem pertahanan rudal S-400 di Kutub Utara

Rusia tempatkan sistem pertahanan rudal S-400 di Kutub Utara
Seorang prajurit dan patroli sistem rudal anti-pesawat di pangkalan Arktik di pulau Kotelny pada September. (Photo: Vadim Savitsky/Russian Defense Ministry)
Advertiser Popin

Jakarta (Indonesia Window) – Rusia akan mengerahkan rudal anti-pesawat di Kutub Utara guna melindungi negara tersebut dari ancaman termasuk pembom nuklir Amerika Serikat.

Rudal S-400, yang dapat menembak jatuh pesawat dan rudal jelajah sejauh 400 kilometer itu akan ditempatkan di pantai dan pulau-pulau Kutub Utara pada akhir 2020, kata surat kabar Izvestia mengutip sumber-sumber kementerian pertahanan Rusia, seperti yang dilaporkan oleh Telegraph pada Senin.

Infrastruktur baru sedang dibangun untuk unit-unit anti-pesawat di sepanjang jalur timur laut saat Rusia mengembangkan kehadiran militer yang tidak terlihat di sana sejak Perang Dingin.

Kementerian pertahanan, yang tidak segera menanggapi permintaan komentar, mengatakan pada bulan Desember 2018 bahwa unit-unit di Kutub Utara tersebut akan termasuk di antara yang menerima S-400.

Instalasi anti-pesawat baru dimaksudkan melindungi rute laut utara ke Asia, yang telah dipromosikan Rusia saat pemanasan global mencairkan es di laut Kutub Utara semakin luas dan lebih cepat setiap tahun.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan strategi pengembangan Arktik baru di sebuah forum pada pekan lalu, dengan mengatakan wilayah kutub memanas empat kali lebih cepat dari pada bagian dunia lainnya.

Dia mengatakan Rusia akan meluncurkan tiga pemecah es nuklir tahun ini dan menawarkan keringanan pajak untuk membawa investor ke utara.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here