Qatar Charity selesaikan pembangunan rumah sakit gratis di Bogor

Qatar Charity selesaikan pembangunan rumah sakit gratis di Bogor
Rumah Sakit Dompet Dhuafa-Qatar Chairty di Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Qatar Charity)

Bogor, Jawa Barat (Indonesia Window) – Kesehatan tergolong barang mewah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Biaya obat, perawatan dokter dan pelayanan rumah sakit ibarat gurita yang mencengkeram orang miskin.

Hal tersebut telah mendorong LSM kemanusiaan Qatar Charity untuk menghadirkan layanan kesehatan gratis bagi kaum tak mampu dengan mendirikan sejumlah klinik kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya adalah Rumah Sakit Dompet Dhuafa-Qatar Chairty di Parung, Kabupaten Bogor.

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Qatar Charity atas bantuan pembangunan rumah sakit ini, dan Alhamdulillah semua proses pembangunan Rumah Sehat ini telah selesai dan siap melayani masyarakat Bogor dan sekitarnya,”ujar Kepala Rumah Sakit Dompet Dhuafa dr. Zakaria dalam pernyataan yang diterima di Bogor, Jumat.

Dia menjelaskan rumah sakit yang berdiri sejak 2012 ini adalah rumah sakit dengan konsep holistik atau rumah sehat terpadu.

Selain lingkungan yang hijau (green hospital), rumah sakit tersebut juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti tempat outbond, memanah dan penginapan.

Zakaria menambahkan rumah sakit yang memiliki 60 ranjang itu memberikan pelayanan gratis bagi kaum dhuafa atau tak mampu termasuk ustadz.

“Semua gratis untuk dhuafa, termasuk para ustadz yang masuk dalam asnaf fi sabilillah. Diperkirakan setiap bulannya, rumah sakit ini melayani 1.100 pasien rawat inap,” terang Zakaria.

Mitra

Sementara itu, menurut Kepala Konstruksi Qatar Charity Indonesia Hendra Hadi, Rumah Sehat Terpadu tersebut merupakan kontribusi Qatar Charity kepada kaum dhufa di tanah air yang masih sulit mendapatkan akses dan layanan kesehatan.

“Pembangunan Rumah Sehat Terpadu Dhuafa berangkat dari keprihatinan Qatar Charity akan mahalnya akses dan layanan kesehatan, terutama bagi kaum dhuafa,” kata Hendra.

Dia menambahkan, gagasan LSM asal Qatar itu pun dilanjutkan dengan memilih mitra yang tepat dan kompeten dalam memberikan layanan kesehatan secara gratis bagi kaum dhufa.

“Pemilihan mitra LSM lokal untuk pembangunan rumah sakit bagi dhuafa ini melalui seleksi beberapa rumah sakit lokal yang sudah beroperasi, dan akhirnya pilihan jatuh pada Dompet Dhuafa sebagai mitra pembangunan rumah sakit bagi kaum dhufa,” jelas Hendra.

Bantuan Rumah Sehat Terpadu Qatar Charity – Dompet Dhuafa berupa bangunan tiga lantai, dengan luas setiap lantai 600 meter persegi.

Rumah sakit itu akan menjadi tempat pemeriksaan penyakit luar dengan seluruh spesialisasi yang juga dilengkapi dengan ruang operasi, instalasi gawat darurat (IGD), fasilitas perawatan intensif (ICU), poliklinik, ruang inap dan dapur gizi.

Total dana yang disediakan Qatar Charity untuk membangun Rumah Sehat Terpadu ini sebesar RQ4.000.000 atau sekitar Rp15 miliar.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here