Putra Mahkota Saudi pimpin pembersihan Ka’bah

Putra Mahkota Saudi pimpin pembersihan Ka’bah
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (MBS), yang juga menjabat Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, memimpin upacara pembersihan Ka'bah pada Selasa dini hari (16/8/2022). (SPA)
Advertiser Popin

Pembersihan Ka’bah merupakan tradisi tahunan yang merujuk pada contoh yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad ﷺ.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (MBS), yang juga menjabat Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, memimpin upacara pembersihan Ka’bah pada Selasa dini hari.

Setibanya di Masjidil Haram, Putra Mahkota didampingi Menteri Olahraga Abdulaziz bin Turki, diterima oleh Syekh Abdurrahman Assudais, Kepala Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Saudi Press Agency melaporkan.

Sebelum membersihkan Ka’bah, MBS menunaikan tawaf (mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran) dan melaksanakan sholat sunnah dua rakaat. Setelah itu, dia menuju ke bagian dalam Ka’bah, di mana dia memimpin prosesi pembersihan, dan kemudian menunaikan sholat dua rakaat.

Pembersihan Ka’bah dipimpin oleh Raja Arab Saudi atau wakilnya, yang dimulai dari bagian dalam bangunan suci Umat Islam tersebut.

Pembersihan Ka’bah di Masjidil Haram, Makkah merupakan tradisi tahunan yang merujuk pada contoh yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad ﷺ.

Pembersihan Ka’bah menggunakan air Zamzam yang dicampur dengan air mawar, oud (pewangi dari kayu gaharu), dan parfum lainnya.

Dinding bagian dalam Ka’bah dibersihkan dengan kain putih yang dicelupkan ke dalam wewangian mawar dan musk. Selain itu, air Zamzam yang dicampur dengan wewangian mawar disiramkan ke lantai, lalu diusap dengan tangan kosong dan daun lontar.

Putra Mahkota Saudi pimpin pembersihan Ka’bah
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (MBS), yang juga menjabat Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, memimpin upacara pembersihan Ka’bah pada Selasa dini hari (16/8/2022). (SPA)

Proses pembersihan Ka’bah dihadiri oleh Gubernur Taif  Saud bin Nahar bin Saud; Gubernur Jeddah Saud bin Abdullah bin Jalawi; serta sejumlah anggota Majelis Ulama Senior, antara lain Syekh Saleh bin Abdullah bin Humaid, Syekh Abdullah bin Muhammad Al-Mutlaq, Syekh Saad bin Nasser Al-Shathri, dan Syekh Bandar bin Abdulaziz Balila, serta penjaga Ka’bah.

Laporan: Redaksi

Advertiser Popin

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here