PT DI ekspor pesawat transpor militer CN235-220 ke Nepal

PT DI ekspor pesawat transpor militer CN235-220 ke Nepal
Fasilitas pembuatan pesawat terbang PT DI di Bandung, Jawa Barat. (Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – PT Dirgantara Indonesia (PT DI) mengekspor satu  unit pesawat  terbang  transpor CN235-220  versi militer untuk Angkatan Militer Nepal pada Rabu (30/10).

Pesawat tersebut dikirimkan dengan ferry flight dari hanggar Fixed Wing PT DI di Bandung, Jawa Barat ke menuju Bandara Tribuvan Kathmandu,  Nepal dan diharapkan tiba pada  2 November, demikian laporan Jaringan Pemberitaan Pemerintah yang dikutip di Jakarta, Rabu.

Sebagian pembiayaan ekspor pesawat tersebut ditanggung  oleh  Lembaga  Pembiayaan  Ekspor Indonesia  (LPEI)  atau  Indonesia  Eximbank  dengan  skema  National  Interest  Account (NIA) sebesar Rp200 miliar.

“Dukungan yang diberikan LPEI kepada PT DI menunjukkan bahwa produk pesawat buatan Indonesia mampu bersaing di pasar internasional,” ujar Senior Executive Vice President I LPEI Yadi J. Ruchandi.

PT DI merupakan badan usaha  milik negara yang  didirikan  pada  tahun  1976 di  Bandung.

Produk utama perusahaan yang pernah dipimpin oleh Presiden ke-3 B.J. Habibie tersebut adalah  pesawat  terbang komersial dan militer, komponen  struktur  pesawat  terbang,  jasa  perawatan pesawat  terbang  dan jasa rekayasa.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here