Pria terjebak di pegunungan akibat gempa Sichuan ditemukan setelah 17 hari

Gan Yu diangkat ke rumah sakit di wilayah Luding oleh helikopter pada 21 September, 2022. (Xinhua)

Korban gempa Sichuan yang merupakan seorang pekerja pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di China dan sempat hilang selama 17 hari telah ditemukan dalam keadaan selamat.

 

Chengdu, China (Xinhua) – Seorang pekerja pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di China, yang hilang selama 17 hari setelah gempa bumi bermagnitudo 6,8 di Provinsi Sichuan, China, telah ditemukan dalam keadaan selamat.

Gan Yu yang berusia 28 tahun, pekerja di sebuah PLTA di wilayah Luding, Provinsi Sichuan, diselamatkan oleh seorang penduduk desa setempat pada Rabu (21/9). Dia menjalani perawatan di Rumah Sakit China Barat yang terafiliasi dengan Universitas Sichuan.

Ni Taigao, penduduk desa yang menemukan Gan, memutuskan untuk ikut mencari Gan karena dia mengenal betul kawasan pegunungan setempat, menurut klip video yang diunggah oleh stasiun penyiaran pemerintah China Central Television (CCTV).

Pada Rabu pagi (21/9) waktu setempat, Ni mendengar seseorang berteriak minta tolong di lereng gunung dan menemukan Gan tergeletak di antara pepohonan, menurut laporan CCTV.

Gan bercerita kepada Ni bahwa dirinya dapat bertahan hidup dengan memakan buah-buahan liar dan minum dari mata air.

Gan mengalami beberapa cedera jaringan lunak, beberapa patah tulang, dan infeksi parah, kata Wu Hong, wakil presiden rumah sakit tersebut.

Meskipun mengalami kelemahan fisik, tanda-tanda vitalnya stabil, menurut pihak rumah sakit.

Pada 5 September saat gempa bumi mengguncang Luding, Gan dan rekannya memilih untuk tidak mengungsi dan tetap bertahan di pos mereka di PLTA itu, menyelamatkan desa-desa di hilir dari banjir. Rekannya berhasil diselamatkan pada 8 September.

Hingga 11 September, gempa itu telah menewaskan total 93 orang.

Gempa Sichuan

Gempa bermagnitudo 6,8 mengguncang wilayah Luding pada Luding di Provinsi Sichuan, China barat daya, pada 5 September lalu pukul 12.52 Waktu Beijing, demikian menurut Pusat Jaringan Gempa China (China Earthquake Network Center/CENC).

Pusat gempa terpantau berada di koordinat 29,59 derajat lintang utara dan 102,08 derajat bujur timur, pada kedalaman 16 kilometer, kata CENC.

Pusat gempa berjarak 39 kilometer dari ibu kota wilayah Luding dan terdapat beberapa desa dalam jarak 5 kilometer di sekitar pusat gempa.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan