Perdagangan Indonesia-Inggris 2,24 miliar dolar AS pada 2020

Perdagangan Indonesia-Inggris 2,24 miliar dolar AS pada 2020
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) dan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab pada Forum Kemitraan ke-3 RI-Inggris yang diselenggarakan di Jakarta pada Rabu (7/4/2021). (Kementerian Luar Negeri RI)

Jakarta (Indonesia Window) – Perdagangan antara Indonesia dan Inggris pada 2020 tercatat senilai 2,24 miliar dolar AS, dan diharapkan dapat terus meningkat di masa mendatang.

Upaya peningkatan perdagangan bilateral tersebut dibahas oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan timpalannya dari Inggris, Dominic Raab, pada Forum Kemitraan RI-Inggris ke-3 yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (7/4).

Inggris merupakan mitra ekonomi penting Indonesia, sebagai investor terbesar kedua dan mitra dagang terbesar kelima dari kawasan Eropa.

Pada forum tersebut, kedua menteri sepakat untuk memajukan 10 sektor prioritas, termasuk komoditas kayu dan pertanian.

Nota kesepahaman tentang Joint Economic and Trade Committee atau Komite Ekonomi dan Perdagangan Bersama akan ditandatangani pada 19 April 2021, dan diharapkan mempercepat realisasi sektor-sektor prioritas tersebut.

“Saya juga mengangkat kembali concern Indonesia terhadap usulan legislasi baru di Inggris yang menyaratkan due dilligence (uji tuntas) terhadap komoditas pertanian kita, seperti sawit, kokoa, dan karet. Terkait hal ini, saya harap kedua negara dapat bekerja bersama untuk mengatasinya, termasuk melalui kelompok kerja bersama di bidang komoditas pertanian,” kata Menlu RI.

Semetara itu, investasi Inggris di Indonesia meningkat sebesar 35 persen pada tahun 2020 meski di tengah pandemik COVID-19.

Di bidang tersebut, Menlu RI berbagi informasi tentang Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia dan menjajaki kemungkinan dibuatnya Perjanjian Investasi Bilateral (PIB) antara kedua negara.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here