Pemerintah Riyadh libatkan seniman kaligrafi hiasi kota

Pemerintah Riyadh libatkan seniman kaligrafi hiasi kota
Ilustrasi. Pemerintah Kota Riyadh, Arab Saudi melibatkan para seniman untuk menghiasi infrastruktur bu kota dengan kaligrafi Arab. (Damir Kadric from Pixabay)

Bekasi, Jawa Barat (Indonesia Window) – Pemerintah Kota Riyadh, Arab Saudi melibatkan para seniman untuk menghiasi infrastruktur bu kota dengan kaligrafi Arab, menurut laporan Arab News.

Wajah kota Riyadh telah mengalami transformasi usai pembangunan beberapa proyek dalam rangka meningkatkan standar hidup masyarakat dan menciptakan lingkungan berkelanjutan yang berstandar internasional.

Salah satu orang yang terlibat dalam inisiatif kaligrafi, seniman grafiti Noura bin Saidan mengatakan karya seninya tidak mengabaikan identitas kota Riyadh.

Bin Saidan adalah Wakil Presiden Divisi Seni dan Arsitektur Omran Society dan memiliki sebuah studio bernama ns4art.

“Saya merancang tempat itu dan memilih warna yang sesuai untuk terowongan di Jalan Raja Khalid, yang dekat dengan kota warisan Diriyah. Warna yang saya gunakan juga terinspirasi dari warisan kota. Kesempatan ini kami manfaatkan untuk mengikuti Tahun Kaligrafi Arab 2020 yang dipimpin oleh Kementerian Kebudayaan,” ujarnya.

Selain terowongan di Jalan Raja Khalid, para seniman juga memberi estetika pada terowongan di Jalan Raja Fahd, dekat Alun-alun Kairo, yang merupakan salah satu tempat perhelatan Hari Nasional Arab Saudi ke-90.

Sebelum menuangkan karya seninya, para seniman terlebih dulu harus mendapatkan persetujuan.

Proyek menghias terowongan membutuhkan waktu rata-rata tujuh hari untuk menyelesaikannya.

Pemerintah kota dari berbagai bagian kerajaan akan menyusul proyek mempercantik kota setelah hasil yang memuaskan dicapai oleh Pemerintah Kota Riyadh.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here