Pelayanan bagi perguruan tinggi semakin mudah, cepat dengan SIL@T

Pelayanan bagi perguruan tinggi semakin mudah, cepat dengan SIL@T
Logo Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Jakarta (Indonesia Window) – Mengelola perguruan tinggi guna menjaga kualitas dan kredibilitasnya di tengah masyarakat merupakan pekerjaan yang tidak sederhana.

Manajemen perguruan tinggi harus mendokumentasikan berbagai penampangan internal, seperti sumber daya pengajar, kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa, pengabdian masyarakat, serta pengajuan bermacam arsip kepada lembaga-lembaga pengayom yang diperlukan dalam rangka memperoleh akreditasi dan korespondensi yang menyertainya.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III – dulu bernama Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) – memahami kerumitan proses tersebut, sekaligus melihat teknologi 4.0 yang kini diterapkan di berbagai bidang.

Maka, lahirlah sebuah aplikasi Sistem Informasi dan Pelayanan Terpadu yang dinamakan SIL@T, yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III bagi perguruan tinggi, terutama yang masuk dalam area kerjanya.

Aplikasi baru tersebut dikenalkan dalam acara peluncuran di kampus Bina Sarana Informatika di Jakarta beberapa waktu lalu yang dibuka secara simbolis oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Prof. Dr. Diah Natalisa.

Dalam sambutannya Prof. Diah menyatakan dukungannya untuk SIL@T karena dapat menghemat dan meringkas jalur pelayanan publik, seraya berharap aplikasi ini dapat diterapkan di LLDIKTI wilayah lainnya di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah III, Dr. Illah Sailah, dalam sambutan pada acara peluncuran aplikasi SIL@T menyatakan bahwa LLDIKTI Wilayah III menerapkan prinsip 4F dalam melakukan pelayanan, yaitu Faster (lebih cepat), Focus (berfokus), Flexsible (tidak kaku), dan Facilitating (membantu).

“Kopertis Wilayah III sudah bertransformasi menjadi LLDIKTI Wilayah III dimana kami berfokus pada penjaminan mutu yang diamanatkan dalam UU Nomor 12 Tahun 2012. Aplikasi SIL@T adalah bagian strategi kami yang digagas oleh Dr. M. Samsuri guna mendukung pelayanan dalam penjaminan mutu bagi Perguruan Tinggi,” jelas Illah.

Lebih lanjut Sekretaris LLDIKTI Wilayah III, Dr. M. Samsuri, menjelaskan bahwa SIL@T memadukan beberapa sistem pelayanan yang disediakan oleh LLDIKTI Wilayah III seperti sistem peringatan dini (EWS) bagi perguruan tinggi dan sistem lainnya.

“Aplikasi SIL@T menyediakan ‘single sign on’ untuk melihat seluruh layanan yang ada di LLDIKTI Wilayah III,” ujar Samsuri yang juga pengagas SIL@T, seraya menambahkan bahwa reformasi birokrasi menuntut pelayanan dilakukan  dengan cepat dengan memangkas proses brokrasi yang rumit menjadi sederhana.

“Selain itu kita juga harus memberikan pelayanan yang cepat, memberikan pelayanan yang fleksibel, dan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Acara peluncuran SIL@T dihadiri oleh 307 pemimpin Perguruan Tinggi yang berada di Wilayah III DKI Jakarta, serta  Dr. M. Aswad, Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Pengembangan Kompetensi Pegawai ASN Lembaga Administrasi Negara, serta Dr. M. Wahyudi selaku Pengembang Sistem SIL@T dan Rektor Universitas Bina Sarana Informatika.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here